Komisi V dukung pembangunan rumah PNS Karangasem

Jum'at, 21 Februari 2014 - 14:04 WIB
Komisi V dukung pembangunan rumah PNS Karangasem
Komisi V dukung pembangunan rumah PNS Karangasem
A A A
Sindonews.com - Komisi V DPR RI sangat mendukung rencana Pemerintah Kabupaten Karangasem untuk membangun rumah bagi pegawai negeri sipil (PNS) di daerah tersebut.

Selain itu, adanya penataan kawasan perumahan di daerah tersebut diharapkan dapat lebih mendorong peningkatan perekonomian bagi masyarakat di kabupaten Karangasem.

"Komisi V DPR sangat mendukung rencana pembangunan rumah bagi para PNS di Karangasem," ujar Ketua Tim Komisi V DPR Muhidin M Said dalam rilisnya di Jakarta, Jumat (21/2/2014).

Menurut Muhidin, penyediaan rumah bagi PNS di daerah oleh pemda setempat sangat dibutuhkan. Pasalnya, tidak semua PNS, khususnya mereka yang saat ini golongan rendah memiliki kemampuan membeli rumah.

Selain itu, dia menambahkan, pemda juga dapat memanfaatkan sejumlah fasilitas bantuan di Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) untuk mempercepat proses pembangunan rumah para abdi negara tersebut.

Adanya program bantuan KPR dengan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR FLPP) serta prasarana, sarana dan utilitas seperti jalan, saluran air dan listrik diharapkan dapat membuat rumah yang dibangun lebih murah serta dapat dimiliki PNS dengan cicilan yang murah dan tetap selama masa angsuran.

"Kami juga berharap kepada Pemda Karangasem selain program pembangunan rumah PNS juga memiliki RTRW yang pasti untuk pengembangan kawasan perumahan. Jadi, lokasi pembangunan perumahan bisa tertata dengan baik dan lahan yang digunakan sebagai lokasi perumahan memang sesuai peruntukkannya," terang dia.

Sementara itu, Bupati Karangasem I Wayan Geredeg berterimakasih atas dukungan Komisi V DPR terkait program pembangunan rumah PNS ini. Pihak Pemkab Karangasem saat ini memang berencana membangun rumah PNS di daerah Besang, Desa Apabi, Kecamatan Abang dengan luas lahan yang sudah dibebaskan mencapai 3 hektar (ha).

Menurut dia, program tersebut merupakan tindak lanjut pelaksanaan kerja sama antara Pemkab Karangasem dengan Kemenpera beberapa waktu lalu. Sedangkan rumah itu nantinya untuk para PNS yang masih memiliki golongan rendah dan belum memiliki rumah.

"Rencananya tipe rumah PNS ini adalah 36 meter persegi. Kami berharap pembangunan rumah PNS ini juga akan mengembangkan daerah sekitarnya, sehingga ada pemerataan pembangunan daerah," harap dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4486 seconds (0.1#10.140)