RUPST Bank Mandiri restui akuisisi InHealth

Kamis, 27 Februari 2014 - 15:38 WIB
RUPST Bank Mandiri restui akuisisi InHealth
RUPST Bank Mandiri restui akuisisi InHealth
A A A
Sindonews.com - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menyetujui rencana mengakuisisi 80 persen saham PT Asuransi Jiwa InHealth Indonesia (InHealth) senilai Rp1,75 triliun.

InHealth merupakan anak usaha PT Askes (Persero) yang telah bertransformasi menjadi BPJS Kesehatan. Dalam kesepakatannya, proses akuisisi akan dilakukan dalam dua tahap. Pada tahap pertama, Bank Mandiri akan mengakuisisi 60 persen saham, Kimia Farma dan Jasindo masing-masing 10 persen, dan Askes tetap menguasai 20 persen.

"Tahap I, 60 persen inHealth, jika selesai Maret, maka kami sudah bisa menjadi mayoritas. Selambat-lambatnya sebelum akhir tahun nanti akan mengakuisisi lagi 20 persen dari Askes," ujar Direktur Finance dan Strategy Mandiri Pahala Mansury usai RUPST, di Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis (27/2/2014).

Transaksi ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Conditional Share Purchase Agreement (CSPA) pada 23 Desember 2014 antara Bank Mandiri, Kimia Farma dan Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) dengan PT Askes (Persero) dan Koperasi Bakti Askes.

Sejak awal perseroan mengaku optimis akuisisi ini akan memperkuat InHealth untuk memperkuat bisnisnya. Ini karena dukungan jaringan distribusi dan costumer base yang dimiliki Bank Mandiri dan Jasindo serta layanan kesehatan komprehensif milik Kimia Farma.

Total pengeluaran dalam bidang healthcare termasuk untuk asuransi diprediksi akan terus tumbuh di kisaran 20-25 persen per tahun. Selain itu, jumlah angkatan kerja dalam setiap tahun meningkat 800 ribu hingga 1 juta orang yang berarti potensi pasar yang semakin besar.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3881 seconds (0.1#10.140)