Pemerintah akhirnya tandatangani PSO kereta penumpang 2014

Senin, 03 Maret 2014 - 18:15 WIB
Pemerintah akhirnya tandatangani PSO kereta penumpang 2014
Pemerintah akhirnya tandatangani PSO kereta penumpang 2014
A A A
Sindonews.com - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan akhirnya menandatangani kontrak subsidi angkutan kereta api dalam bentuk Public Service Obligation (PSO) periode Januari-Desember 2014.

Nilai kontrak tersebut mencapai Rp1,22 triliun meliputi angkutan kereta penumpang jarak jauh, jarak sedang, jarak dekat, kereta diesel, kereta komuter (KRL) dan kereta ekonomi angkutan lebaran 2014.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Hermanto Dwiatmoko mengatakan, penandatanganan tersebut diharapkan bisa meningkatkan jumlah angkutan kereta api selama 2014.

"Kami berharap penandatanganan PSO ini bisa lebih meningkatkan pemanfaatan moda transportasi angkutan massal kereta kepada masyarakat," ujar dia, Senin (3/3/2014).

Penandatanganan kontrak tersebut sedikit terlambat karena seharusnya dilakukan di awal tahun. Namun, Hermanto beralasan daftar isian anggaran (DIPA) baru keluar dari Kementerian Keuangan.

"Dipanya baru keluar dari Kementerian Keuangan. Selama ini, keterlambatan juga disebabkan karena ada kekosongan Dirjen sehingga baru bisa direalisasikan sekarang," ujar dia.

Direktur PT KAI, Ignatius Jonan pada kesempatan yang sama mengungkapkan, prioritas subsidi PSO tahun ini lebih diutamakan kepada pengguna dengan frekuensi terbanyak.

"Tahun ini lebih bagus karena pengutamaan subsidi ada pada angkutan society yang massal khususnya untuk angkutan kereta komuter," ujar dia.

Sebagai informasi, tahun ini subsidi kereta komuter mencapai Rp641 miliar dengan jumlah penumpang mencapai 300 juta penumpang selama 2014.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3882 seconds (0.1#10.140)