KRAS tingkatkan infrastrktur dorong produksi baja

Senin, 10 Maret 2014 - 17:47 WIB
KRAS tingkatkan infrastrktur dorong produksi baja
KRAS tingkatkan infrastrktur dorong produksi baja
A A A
Sindonews.com - PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) melalui sejumlah anak perusahaannya terus meningkatkan infratruktur penunjang, guna mendukung ekspansi dan pertumbuhan produksi baja.

Ekspansi yang dilakukan antara lain melalui PT Krakatau Bandar Samudera, yang meresmikan fasilitas kepelabuhanan, dengan membangun dermaga 3, 5, dan 6. Sehingga, kapasitas bongkar muat menjadi 25 juta ton per tahun dan menjadi pelabuhan curah terbesar dan terdalam di Indonesia.

Direktur Utama Krakatau Steel, Irvan K Hakim menyatakan, untuk kebutuhan energi, anak usaha lainnya yakni PT Krakatau Daya Listrik melakukan usaha produksi yang efisien melalui penambahan fasilitas Combined Cycle Power Plant dan bersama dengan Posco Energy membentuk perusahaan joint venture PT Krakatau Posco Energy.

"Sehingga kapasitas total produksi energi meningkat menjadi 720 megawatt," kata Irvan di Jakarta, Senin (10/3/2014).

Dia melanjutkan, kemampuan waduk penampungan untuk air industri juga ditingkatkan hingga 5 juta meter kubik, melalui PT Krakatau Tirta Industri, dengan menambah kapasitas produksi air industri menjadi 2.000 liter per detik. Sementara, ekspansi lahan industri juga dilakukan PT Krakatau Industrial Estate Cilegon.

"Saat ini, perusahaan tengah mempersiapkan tambahan 500 hektare lahan untuk kawasan industri," ujar dia.

Emiten plat merah ini juga telah menerima pasokan slab baja perdana dari PT Krakatau Posco (KS Posco), usaha patungan dengan Posco Korea, yang merupakan bagian dari 80 ribu ton slab baja yang akan dipasok Krakatau Posco bulan ini. Menurutnya, pasokan slab ini akan memaksimalkan utilisasi kapasitas dari unit produksi yang dimiliki Krakatau Steel saat ini.

Irvan menjelaskan, KRAS akan mendapatkan pasokan minimal 1 juta ton slab baja per tahun atau setara 50 persen dari 2,1 juta ton total kebutuhan slab baja pada tahun ini. "Adanya sumber slab dari Krakatau Posco akan mampu meningkatkan daya saing perusahaan, menurunkan biaya produksi, dan mempercepat delivery," ucapnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8898 seconds (0.1#10.140)