Manisnya raup keuntungan dari madu trigona

Minggu, 23 Maret 2014 - 15:28 WIB
Manisnya raup keuntungan dari madu trigona
Manisnya raup keuntungan dari madu trigona
A A A
BUDIDAYA madu trigona, madu yang berasal dari lebah teuwel atau lebah tanpa sengat ini mampu di ternakan dengan cara membuat komunitas pecinta lebah.

Bahkan, menjadi salah satu sumber mata pencarian warga untuk meningkatkan perkerkonomian keluarga di Kampung Pangampoan Kelurahan Babakan, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Pandeglang, Banten.

"Alhamdullah Saat ini sudah ada 45 komunitas dengan 5.000 koloni lebah dan madu menjadi sumber mata pencarian warga. Beberapa anggota keluarga mengaku perkekonomian mereka terbantu," ujar Dianeka Widiantara, salah satu pemilik budidaya madu trigona saat di temui sindonews, Minggu (23/3/2014).

Menurutnya, membudidayakan lebah yang menghasilkan madu asli Pandeglang ini susah-susah gapang. Karena lebah tanpa sengat ini hidup di hutan dengan pepohonan yang lebat. Sementara, warga menggunakan kotak untuk sarang lebah hingga menghasilkan madu yang baik untuk kesehatan.

Madu trigona merupakan madu asli dari Kabupaten Pandeglang, Banten yang mempunyai banyak sekali manfaatnya, baik bagi anak-anak maupun pria dewasa. Karena mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang bagus untuk tubuh anak-anak. Selain itu, manfaat madu trigona juga bisa menambah vitalitas bagi pria dewasa.

"Selain kaya vitamin, madu jenis ini juga bermanfaat untuk pertumbuhan anak dan kecerdasaan. Madu ini juga dapat mejadikan media penyembuhan berbagai penyakit, diabetes militus, menirmalkan dula darah, menegtasi lemah syahwat, serta menormalkan alat vital," ungkapnya.

Menurutnya, madu trigona sudah terkenal baik di dalam negeri maupun di luar negri. "Dari negara Malaysia, Singapura sering memesan madu dari lebah trigona," kata dia.

Untuk satu kali panen, petani yang memiliki 300 koloni lebah, mampu menghasilkan dua bahkan tiga liter dalam satu kali panen dengan harga jual Rp100 ribu per liter.

Manisnya raup keuntungan dari madu trigona

Manisnya raup keuntungan dari madu trigona
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0137 seconds (0.1#10.140)