Indonesia harus tingkatkan produk pertanian

Kamis, 03 April 2014 - 20:52 WIB
Indonesia harus tingkatkan produk pertanian
Indonesia harus tingkatkan produk pertanian
A A A
Sindonews.com - Pulau Jawa diyakini berpotensi dalam mendukung perekonomian Indonesia dan jadi pusat industri. Karena, banyak daerah di pulau Jawa yang berpotensi untuk mengolah bahan baku dalam negeri, termasuk pertanian. Apalagi, infrastrukturnya lebih baik.

"Masyarakat kita banyak yang bekerja sebagai petani. Kita bisa menggali, mengambil barang pertanian atau tambang untuk langsung diekspor," kata Direktur Eksekutif bidang Moneter Bank Indonesia, Juda Agung di Gedung Bank Indonesia, Kamis (3/4/2014).

Terutama, kata dia, banyak daerah di luar Jawa yang memiliki kekayaan sumber daya alam seperti di Sumatera dalam bidang perkebunan dan Papua dibidang pertambangan. Hal ini bisa diproses di beberapa daerah pulau Jawa dengan sistem hilirisasi, agar menghasilkan barang berkualitas tinggi.

Selain itu, pulau Jawa juga bisa menjadi basis untuk menghasilkan beberapa produk untuk mengekstrak barang-barang teknologi yang lebih mudah. Misalnya, traktor atau barang-barang penggalian yang seharusnya mampu diproduksi dalam negeri.

Namun, hal tersebut harus didukung berbagai pihak. Di mana industri, perguruan tinggi, dan science park harus bersinergi dengan baik agar menghasilkan produk berdaya saing tinggi.
(izz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1129 seconds (10.177#12.26)