Kadin: Potensi laut Indonesia Rp255 T/tahun

Senin, 07 April 2014 - 17:28 WIB
Kadin: Potensi laut Indonesia Rp255 T/tahun
Kadin: Potensi laut Indonesia Rp255 T/tahun
A A A
Sindonews.com - Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perikanan dan Kelautan, Yugi Prayanto mengatakan, sektor perikanan dan kelautan Indonesia memiliki potensi yang masih sangat besar. Bahkan jika dihitung secara ekonomis nilainya dapat mencapai Rp255 triliun per tahun.

"Potensinya bisa sampai Rp255 triliun per tahun. Dari potensi yang ada itu, hitungan kita sekitar 10 persen yang baru di garap," ujar Yugi di Menara Kadin, Jakarta, Senin (7/4/2014).

Masih minimnya pemanfaatan potensi laut tersebut, kata dia, lantaran saat ini jumlah nelayan di Indonesia baru berjumlah 37 juta nelayan. Di mana, jumlah ini masih sangat bertolak belakang dengan hasil pengoptimalisasian potensi sektor perikanan dan kelautan.

Minimnya modal yang dimiliki ditenggarai sebagai biang keladi industri di sektor ini masih minim peminat. Pada akhirnya pelaku di sektor industri ini pun masih terbatas. Padahal modal yang dibutuhkan untuk sektor perikanan dan kelautan sangat besar.

"Harus ada keberpihakan kepada pelaku usaha perikanan. Kalau tidak kebanyakan akan menjadi pelaku usaha properti," imbuhnya.

Selain itu, Yugi mengatakan, guna memaksimalkan potensi yang ada, dia ingin adanya suatu sinergi di Indonesia dalam pembuatan produk yang lulus quality control dan produk tersebut dikirim ke luar negeri.

"Sebab, potensi yang besar tersebut sudah harus dimaksimalkan dan diberikan perhatian lebih oleh pemerintah," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6448 seconds (0.1#10.140)