Mendag: Sektor otomotif penggerak utama ekspor nonmigas

Selasa, 08 April 2014 - 13:03 WIB
Mendag: Sektor otomotif penggerak utama ekspor nonmigas
Mendag: Sektor otomotif penggerak utama ekspor nonmigas
A A A
Sindonews.com - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, produk otomotif Indonesia berpotensi besar untuk terus tumbuh dan menjadi salah satu penggerak utama ekspor dan perekonomian Indonesia.

"Pendirian pabrik baru PT Kawasaki Motor Indonesia (PT KMI) diharapkan dapat semakin meningkatkan kapasitas produksi sepeda motor di tanah air, sehingga akan mengurangi ketergantungan terhadap impor dan memberikan kontribusi terhadap nilai ekspor nonmigas Indonesia," katanya saat menghadiri acara peresmian pabrik ke-2 PT KMI di Cikarang Barat, Selasa (8/4/2014).

Dia juga mengungkapkan kegembiraannya melihat perkembangan industri kendaraan bermotor di tanah air. Menurutnya iklim investasi di Indonesia kini semakin meningkat dan mampu bersaing dengan negara produsen otomotif lainnya di Asia Tenggara.

"Industri otomotif sebagai salah satu industri manufaktur yang memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan tidak hanya memberikan kontribusi yang penting bagi pertumbuhan ekonomi dan ekspor, tetapi juga berkontribusi dalam penyerapan tenaga Kerja profesional di Indonesia serta peningkatan daya saing produk otomotif Indonesia," pungkas dia.

Sekadar Informasi, nilai ekspor sepeda motor Indonesia beserta komponennya pada 2013 mencapai USD564,42 juta, terdiri dari ekspor sepeda motor sebesar USD 126,44 juta dan ekspor komponen sebesar USD437,98 juta.

Selama periode 2009-2013, nilai ekspor sepeda motor dan komponennya mengalami tren pertumbuhan positif, masing-masing sebesar 39,42 persen dan 36,65 persen.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9630 seconds (0.1#10.140)