Pelindo III akan perbarui peta pelayaran Surabaya

Kamis, 10 April 2014 - 11:43 WIB
Pelindo III akan perbarui peta pelayaran Surabaya
Pelindo III akan perbarui peta pelayaran Surabaya
A A A
Sindonews.com - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III akan menggelar penandatangan piagam kesepakatan bersama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) terkait dengan pendalaman alur laut dan pembaharuan peta alur pelayaran Surabaya.

Pada akhir Maret 2014, BUMN Kepelabuhanan tersebut telah menandatangani Surat Perjanjian Pemborongan Pekerjaan Pengerukan Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) dengan Van Oord Dredging and Marine contractors BV (Van Oord).

Kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada Kamis, 10 April 2014 di Markas Besar Angkatan Laut Cilangkap, Jakarta Timur.

Pelindo III selaku BUMN Kepelabuhanan yang mengoperasikan pelabuhan pada tujuh provinsi telah melakukan berbagai upaya guna mendukung kelancaran logistik, diantaranya program revitalisasi pelabuhan dengan program peningkatan fasilitas pokok maupun pendukung pelabuhan.

Kemudian optimalisasi melalui rekonfigurasi dan penataan pelabuhan serta melakukan modernisasi melalui penyediaan dan penggantian peralatan berteknologi terbaru serta memperbaharui sistem pendukung operasional.

"Rencana penandatanganan piagam kesepakatan merupakan upaya PT Pelindo III dalam rangka mewujudkan efisiensi biaya logistik dengan bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut khususnya dalam rangka pengawasan dan pengamanan pendalaman alur laut di daerah alur pelayaran Surabaya serta pembaharuan peta di daerah alur pelayaran Surabaya," ujar Kepala Humas PT Pelindo III Edi Priyanto dalam rilisnya di Jakarta, Kamis (10/3/2014).

Keterbatasan alur pelayaran keluar maupun menuju sebuah pelabuhan menjadi salah satu faktor penghambat pertumbuhan perekonomian suatu daerah karena kapal yang membawa barang menjadi terbatas volumenya, sehingga berdampak pada terjadinya inefisiensi biaya logistik.

Sebagaimana diketahui bahwa pengangkutan barang dan perdagangan di Indonesia saat ini masih didominasi menggunakan transportasi laut.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6542 seconds (0.1#10.140)