OJK: Perusahaan konglomerasi harus kembangkan IT

Senin, 14 April 2014 - 12:48 WIB
OJK: Perusahaan konglomerasi harus kembangkan IT
OJK: Perusahaan konglomerasi harus kembangkan IT
A A A
Sindonews.com - Ketua Tim Transisi Pengalihan Pengawasan Bank Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Agus Siregar menilai, penguatan sistem Informasi & Informasi (IT) sebagai kunci utama berhasilnya konglomerasi grup industri keuangan dalam menghadapi persaingan bisnis yang kian ketat.

Menurut dia, dengan tersedianya sistem IT di industri perbankan, maka akan tercipta sinergi dan koneksi yang baik yang pada akhirnya akan menciptkan kecepatan dan ketepatan transaksi keuangan dan transfer data antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya dalam satu grup usaha.

"Kan itu saling berkaitan pelaporan antarsistem keuangan untuk anak usaha. Jadi tidak bisa dibedakan antara induk usaha dengan anak usaha. Perkembangan IT sangat perlu untuk mendorong pengawasan terintergrasi," kata Agus Hotel Sahid, Jakarta, Senin (14/4/2014).

Selain grup usaha lembaga keuangan, Agus mengatakan, perusahaan konglomerasi lainnya juga harus menerapkan sinergi sistem pelaporan perusahaan dengan harapan antarunit usaha dalam satu grup akan memiliki sistem risk management yang sama.

"Dengan sistem IT yang terkoneksi, manajemen pengawasan pun akan kami kawal dengan baik. Jadi, dengan pola manajemen resiko yang sama, maka akan lebih mudah dalam pengawasannya," papar dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5345 seconds (0.1#10.140)