SBY minta perajin jaga harga produk

Rabu, 23 April 2014 - 14:11 WIB
SBY minta perajin jaga harga produk
SBY minta perajin jaga harga produk
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengingatkan para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) beserta perajin tangan agar menjual produknya dengan lebih baik. Termasuk harganya harus bisa bersaing, tidak terlalu mahal tapi juga tidak terlalu murah.

Menurutnya, dilihat dari pengalamannya beberapa tahun lalu, ada pengusaha UKM yang mempermainkan harga. Di mana, harga bisa berubah naik dalam waktu singkat.

"Tapi jangan juga jual semurah-murahnya, nanti perajin dapat apa. Pasti tidak dapat apa-apa. Saya pernah ke daerah di mana pagi hari harga batik Rp2 juta, namun malamnya jadi Rp12 juta. Harga itu harus baik. Jangan semena-mena. Kalau istilah Jawanya, ojo ngepruk rego. Sekarang yang penting pengusaha untung dan perajin untung. Semua sama-sama senang," ucap SBY saat membuka pameran kerajinan tangan di JCC, Jakarta, Rabu (23/4/2014).

Dia mengatakan, harga merupakan salah satu faktor penentu penjualan sebuah produk. Selain harga, kualitas juga sangat memengaruhi. Bila kualitas baik, dijual dengan harga agak tinggi juga tidak jadi masalah. Namun dari sisi kualitas, menurut SBY Indonesia sudah nomor satu di dunia.

"Sembilan tahun yang lalu ketika saya keluar negeri rajin membeli cindera mata. Waktu itu rasanya buatan luar negeri bagus dan kita tidak. Tapi waktu berjalan, produk kerajinan Indonesia jauh lebih baik dibandingkan negara manapun," ujar SBY.

Selain itu, pelaku usaha kerajinan di Indonesia juga disarankan untuk mencermati cita rasa keinginan masyarakat Indonesia. "Menjual dan memasarkan dalam negeri, pahami cita rasa masyarakat kita. Mungkin berbeda dengan ekspor. Menjual produk kerajinan termasuk batik dijualnya juga harus dengan harga baik kesejahteraan perajin harus meningkat," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2885 seconds (0.1#10.140)