Rizal Djalil resmi gantikan Hadi Poernomo di BPK

Senin, 28 April 2014 - 12:24 WIB
Rizal Djalil resmi gantikan Hadi Poernomo di BPK
Rizal Djalil resmi gantikan Hadi Poernomo di BPK
A A A
Sindonews.com - Mahkamah Agung (MA) hari ini melantik Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) baru, Rizal Djalil menggantikan posisi Hadi Poernomo yang telah memasuki masa pensiun.

Pelantikan dilangsungkan, Senin (28/4/2014), pukul 10.00 WIB di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI, Jakarta Pusat.

Rizal mengucapkan sumpah jabatannya di hadapan Ketua MA Hatta Ali. "Demi Allah saya bersumpah dengan sungguh-sungguh untuk menjadi ketua BPK langsung atau tidak langsung, dengan rupa atau dalih apapun, tidak memberikan atau menjanjikan kepada siapapun juga," ucap Rizal.

Terpilihnya Rizal merupakan hasil musyawarah mufakat oleh seluruh Anggota BPK. Acara ini juga dihadiri Wakil Presiden Boediono dan para rohaniawan.

Selain itu, juga hadir Jaksa Agung Basrief Arief, Hakin Agung Gayus Lumbun, Ketua OJK Muliaman D Haddad, Pimpinan KPK Zulkarnain dan Deputi Gubernur BI Mirza Adityaswara. Rizal ditemani istri tercinta kala memasuki ruang tengah pengucapan sumpah.

Sementara, menteri yang hadir diantaranya Menteri Keuangan M Chatib Basri, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, Menteri Lingkungan Hidup Kambuaya Bhaltasar, dan Menteri Hukum dan HAM AMir Syamsudin.

Tokoh lain juga turut hadir, Anggota Komisi XI DPR Andi Timo, Dirut BNI Gatot Suwondo, Kepala BPKP Mardiasmo, Mantan Ketua BPK Anwar Nasution, Mantan Menteri Keuangan Fuad Bawazier, politisi Puan Maharani, dan akademisi Efensi Gazali.

Masa jabatan Rizal sebagai Ketua BPK hanya berjalan hingga 19 Oktober 2014. Karena, Rizal telah menjabat sebagai Anggota BPK sejak 19 Oktober 2009.

Upacara pengucapan sumpah ini berlangsung selama 30 menit dan khidmat, meskipun Rizal terbata-bata dalam menyebutkan sumpah, sehingga harus diulang dalam pengucapan beberapa kalimat.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8296 seconds (0.1#10.140)