Pertumbuhan ekonomi Zona Euro hanya 0,2%

Kamis, 15 Mei 2014 - 17:31 WIB
Pertumbuhan ekonomi Zona Euro hanya 0,2%
Pertumbuhan ekonomi Zona Euro hanya 0,2%
A A A
Sindonews.com - Pertumbuhan ekonomi di Zona Euro pada kuartal pertama (Q1) 2014 jauh lebih lemah dari perkiraan analis.

Dilansir dari Reuters, Kamis (15/5/2014), kantor statistik Uni Eropa, Eurostat memperkirakan perekonomian di 18 negara mata uang tunggal euro itu hanya 0,2 persen pada tiga bulan pertama tahun ini, lebih rendah dibandingkan pertumbuhan 0,4 persen yang diproyeksikan para ekonom.

Eurostat juga merevisi ke bawah laju pertumbuhan ekonomi pada tiga bulan terakhir (Q4) 2013 menjadi 0,2 persen pada kuartal-ke-kuartal dari 0,3 persen .

Pertumbuhan ekonomi yang lebih lemah dari perkiraan menambah tekanan terhadap Bank Sentral Eropa (ECB) untuk melonggarkan kebijakan moneter lebih lanjut, guna mengurangi risiko deflasi dalam perekonomian yang hampir tidak tumbuh.

Jerman mencatat pertumbuhan yang kuat pada kuartal pertama tahun ini, kontras dengan Prancis yang mengalami stagnasi. Sementara Italia, ekonomi terbesar ketiga mengalami kontraksi. Analis memperkirakan ekonomi Zona Euro kembali akan melambat pada kuartal kedua (Q2).

Indikator pelemahan, seperti pesanan industri yang lemah dan moral bisnis, menggambarkan bagaimana perekonomian 9,5 triliun euro mendapatkan momentum yang lebih kuat, terhadap headwinds pengangguran tinggi dan risiko geo-politik terkait krisis di Ukraina.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4440 seconds (0.1#10.140)