ITMA siap jual saham anak usaha USD120 juta

Jum'at, 16 Mei 2014 - 13:38 WIB
ITMA siap jual saham anak usaha USD120 juta
ITMA siap jual saham anak usaha USD120 juta
A A A
Sindonews.com - Group bisnis Tata Power, PT Sumber Energi Andalan Tbk (ITMA) berencana melepas seluruh kepemilikannya di PT Mitratama Perkasa (PTMP). Perusahaan akan menjual 3.600 saham PTMP seharga USD120 juta.

Presiden Direktur ITMA, Vincent Nangoi mengatakan, rencana tersebut sudah disetujui oleh pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUSPLB) yang dilakukan Perseroan di Gedung WTC II, Jakarta, Jumat (16/5/2014).

Jumlah saham yang dijual tersebut setara 30 persen kepemilikan Perseroan pada PTMP. "Pemegang saham ITMA telah merestui rencana penjualan saham PTMP milik perseroan," ujarnya usai RUPSLB.

Dalam transaksi divestasi kepemilikan saham ini, Long Haul Holdings Ltd (LHH) yang merupakan kendaraan investasi dari Group Bakrie bakal bertindak sebagai pihak yang menunjuk pembeli saham PTMP. "Ya, LHH akan menjadi broker dari transaksi penjualan saham PTMP itu," katanya.

Menurut Vincent, rencana penjualan saham anak usahanya ini dilakukan karena adanya kesulitan keuangan yang dihadapi perseroan maupun perusahaan pertambangan batu bara lainnya, akibat rendahnya harga jual batu bara di pasaran.

"Divestasi Mitratama diharapkan mampu memberikan hasil investasi yang menguntungkan dalam waktu singkat," jelasnya.

Dia mengungkapkan, hasil penjualan saham tersebut akan digunakan untuk keperluan operasional secara umum atau membagikannya kepada pemegang saham dalam bentuk dividen.

"Hasil penjualan saham nanti akan dipergunakan untuk kegiatan bisnis perseroan ke depan. Kami juga ingin sekali memberikan dividen ke pemegang saham ITMA," ungkapnya.

Sebagai catatan, sepanjang 2013, ITMA mencatat kenaikan laba bersih menjadi USD20,12 juta dari USD8,69 juta di 2012. Namun pendapatan anjlok dari USD2,09 juta menjadi USD327.700.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6430 seconds (0.1#10.140)