KAI Semarang berlakukan jadwal baru

Jum'at, 16 Mei 2014 - 16:51 WIB
KAI Semarang berlakukan jadwal baru
KAI Semarang berlakukan jadwal baru
A A A
Sindonews.com - Per 1 Juni PT KA Daop IV Semarang mulai memberlakukan jadwal perjalanan kereta api baru. Adanya jadwal baru ini, menyusul sudah beroperasinya double track lintas utara.

Ka Daop IV Semarang Wawan Ariyanto mengatakan, seluruh KA yang melintas di jalur utara Jawa mengalami perubahan jadwal baik kedatangan maupun keberangkatan. Jadwal baru mulai diberlakukan 1 Juni pukul 00.00. Dengan adanya perubahan jadwal ini masyarakat diharapkan bisa menyesuaikan.

Perubahan jadwal perjalanan KA ini sesuai dengan Grafik perjalanan kereta api (Gapeka) 2014. Dalam Gapeka 2014, terdapat penambahan jumlah KA, seperti KA penumpang jarah jauh di Jawa mengalamni penambahan KA dari 138 KA kini menjadi 182 KA.

Khusus untuk KA dengan tujuan Jakarta terjadi perubahan jam keberangkatan pada hampir seluruh KA. Hal ini dilakukan untuk menghindari penuhnya traffic perjalanan KA lintas Jabodetabek pada jam-jam sibuk. Dengan jadwal baru tersebut semua KA luar kota yang masuk ke Jakarta harus sebelum jam, 05.00 pagi, sehingga tidak mengganggu KRL.

“Faktor utama perubahan ini selain karena sudah beroperasinya rel ganda juga karena adanya penyesuaian jadwal KA jarak jauh tujuan Jakarta dengan jadwal operasi KRL,” katanya di Kantor Daop IV Semarang, Jum’at (16/5/2014).

Sementara itu terkait dengan mulai dioperasikannya jalur Ganda Lintas utara Jawa, frekwensi persilangan dan penyusulan KA mengalami penurunan drastis. Jika pada Gapeka 2013 terjadi 18.863 persilangan dengan beroperasinya jalur ganda kini menjadi 7643 persilangan.

Wawan mengatakan, dengan beroperasinya jalur ganda, juga akan menghemat waktu sampai dengan 45 menit, karena puncak kecepatan menjadi lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. “Waktu perjalanan makin singkat, contohnya Jakarta-Surabaya yang biasanya ditempuh selama 9 jam 30 menit, menjadi hanya 9 jam,” imbuhnya.

Wawan menyatakan, per 1 Juni selain pemberlakuan jadwal baru, mulai 1 Juni pula untuk pemesanan tiket KA di luar stasiun tidak dikenakan cas.

“Perubahan jadwal perjalanan KA ini diharapkan dapat menjabar kebutuhan masyarkat akan moda transportasi masal yang bebas macet aman dan nyaman. Disisi lain perubahan ini juga diharapkan dapat menarik minat para pengusaha untuk beralih ke moda transportasi dari truk ke KA, sehingga mengurangi beban jalan raya,” ujarnya

Manajer operasi Daop IV Asdo Atrivianto menambahkan, adanya jadwal baru dan rel ganda frekwensi perjalanan KA semakin banyak sehingga kapasitas angkut barang dan penumpang akan lebih banyak.

Diperkirakan akan dapat menambah kapasitas perjalanan KA hingga 50 persen. “Kesempatan angkutan penumpang maupun barang yang lebih besar di jawa diperkirakan sekitar 50 peren. Tambahan dapat direncanakan bertahap mulai saat ini sampai tiga tahun mendatang,” tandasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8024 seconds (0.1#10.140)