Jalur Ganda KA Lintas Selatan Segera Dibangun

Rabu, 21 Mei 2014 - 16:15 WIB
Jalur Ganda KA Lintas Selatan Segera Dibangun
Jalur Ganda KA Lintas Selatan Segera Dibangun
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub), EE Mangindaan mengatakan, jalur kereta api ganda (double track) lintas selatan Jawa segera dibangun, karena jalur utara pulau Jawa sudah dapat beroperasi.

"Jalur utara sudah selesai, sudah siap dipergunakan. Untuk jalur kereta api double track selatan akan mulai dibangun tahun ini," ungkap Mangindaan usai Rakornas TPID V di Jakarta, Rabu (21/5/2014).

Namun, kepastian kapan akan dibangun pihaknya belum bisa mengumumkan saat ini. Semua pembangunan rel ganda ini harus melalui beberapa fase dalam pembangunannya.

"Pada 2015 mungkin saja akan selesai pembangunannya, tergantung waktunya molor atau tidak," ujarnya.

Sementara, untuk jalurnya sendiri meliputi Cirebon dipotong sampai Yogyakarta yang merupakan tahap 1. Kemudian tahap 2, yaitu Yogyakarta-Solo-Madiun-Sukoharjo, dan tahap tiga kawasan Surabaya.

Proyek double track diharapkan dapat meminimalisir kesulitan transportasi, terlebih jika Hari Raya. Dengan adanya double track, maka perjalanan jalur darat dengan menggunakan kereta api jadi lebih cepat.

Akumulasi percepatan waktunya adalah dua jam. Sehingga dapat memudahkan proses perdagangan yang mengandalkan jasa kereta api.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9490 seconds (0.1#10.140)