Dahlan Tantang BUMN Tak Lakukan Perjalanan Dinas

Jum'at, 23 Mei 2014 - 10:19 WIB
Dahlan Tantang BUMN Tak Lakukan Perjalanan Dinas
Dahlan Tantang BUMN Tak Lakukan Perjalanan Dinas
A A A
JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) turut kebagian jatah pemangkasan anggaran belanja pemerintah sebesar 30%.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengaku tidak masalah jika anggaran kementeriannya dipangkas untuk menghemat anggaran. Namun, dia meminta kepada perusahaan pelat merah untuk mencoba tidak melakukan perjalanan dinas sama sekali.

"Perjalanan dinas harus dibabat habis. Kalau biasanya saya banyak biaya sendiri ke luar negeri. Bahkan waktu rapim (rapat pimpinan) itu saya ngomong bisa tidak, tahun ini tidak ada perjalanan dinas sama sekali," ujar dia usai senam pagi di Lapangan Monas, Jakarta, Jumat (23/5/2014).

Mantan bos PLN tersebut mengatakan, dia pernah mencoba menjalankan hal itu saat di PLN. Dahlan pun mengaku berhasil meniadakan perjalanan dinas yang biasanya satu bulan sebanyak 28 ribu perjalanan dinas.

"Saya pernah coba di PLN, satu bulan penuh tidak ada perjalanan dinas sama sekali. Waktu itu bisa, dari biasanya perjalanan dinas satu bulan 28 ribu perjalanan dinas, menjadi nol bisa. Kemarin saya tantang, bisa tidak?" tambah dia.

Meski anggaran perjalanan dinas terbilang cukup besar, namun dia mengatakan gaji masih menjadi pengeruk terbesar anggaran BUMN.

"Tidak juga, (anggaran) gaji yang besar. Yang tidak bisa diturunkan itu kan gaji. Ya kalau gaji tidak bisa dikurangi. Anggaran perjalanan dinas tidak hapal aku, Sesmen (Sekretaris Menteri) yang tahu," tandas dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4591 seconds (0.1#10.140)