Cermat Membeli Apartemen

Rabu, 28 Mei 2014 - 17:44 WIB
Cermat Membeli Apartemen
Cermat Membeli Apartemen
A A A
PERTUMBUHAN investasi properti di Indonesia sedang memasuki masa emas. Siapa yang dapat membantah dengan semakin menjamurnya pembangunan perumahan dan apartemen di kota-kota besar, seperti Jakarta? Tidak ada.

Namun, saat Anda akan membeli jangan sembarangan. Ini agar tidak menyesal di kemudian hari. Bila kita membicarakan investasi di bidang properti, biasanya kata yang selalu terlintas di benak adalah rumah tapak.

Maklum, masih banyak masyarakat yang berpikiran rumah tapak sebagai tempat tinggal terbaik karena dianggap lebih menguntungkan, nyaman dan lebih aman, terutama bagi anak-anak.

Namun, apakah investasi properti hanya rumah? Tentu tidak, masih ada satu sektor lain yang sedang booming, yaitu apartemen.

Sedikitnya ketersediaan tanah di Jakarta membuat pihak pengembang melirik berinvestasi ke daerah luar ibu kota, seperti Bogor, Bekasi, dan Tangerang.

Hal ini membuat ketersediaan rumah di Jakarta semakin sedikit. Namun, bila kita membeli rumah di luar Jakarta, jarak tempuh semakin jauh.

Bagi warga kota-kota besar, seperti Jakarta yang memiliki intensitas kerja tinggi, masalah tempat tinggal kerap dihubungkan dengan strategis atau tidaknya jarak hunian ke kantor.

Kemacetan Jakarta yang semakin kronis, jelas akan sangat menyulitkan orang-orang yang tinggal di daerah luar ibu kota untuk beraktivitas kerja.

Atas kendala itu, apartemen muncul sebagai solusi terkait sulitnya mencari lokasi tempat tinggal yang strategis di Jakarta. Apartemen dianggap mampu menawarkan kepraktisan bila kita hidup di kota besar, seperti Jakarta, yang memiliki tingkat kesibukan sangat tinggi. Memanfaatkan celah tersebut, sudah banyak pengembang properti yang berlomba-lomba menawarkan apartemen kepada masyarakat.

Apartemen dapat menjadi pilihan investasi yang baik di bidang properti, asalkan Anda bisa melakukan seleksi. Berbeda dengan rumah yang harga tanahnya terus naik, sementara bangunan semakin susut. Apartemen justru hanya mengandalkan pertumbuhan nilai bangunan.

Namun, bila Anda ingin mencari tempat tinggal di daerah yang strategis, apartemen adalah investasi properti yang bisa diandalkan.

Seperti yang sudah disebutkan, apartemen bisa menjadi investasi yang menguntungkan bila seleksi yang dilakukan juga baik. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli apartemen. Pilih lokasi strategis. Sama seperti investasi properti lain, penentuan lokasi selalu menjadi paling utama.

Lokasi selalu berhubungan dengan nilai beli sebuah produk properti. Contohnya, harga apartemen di kawasan SCBD (Sudirman Central Business District) pasti akan lebih mahal dari yang ada di Cilandak.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3726 seconds (0.1#10.140)