Harga Kebutuhan Pokok di Makassar Naik 20%

Kamis, 05 Juni 2014 - 10:34 WIB
Harga Kebutuhan Pokok di Makassar Naik 20%
Harga Kebutuhan Pokok di Makassar Naik 20%
A A A
MAKASSAR - Sejumlah kebutuhan pokok di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) menjelang Ramadan terus mengalami kenaikan, terutama minyak curah, gula, bawang, telur, dan daging ayam.

Kenaikan harga diperkirakan akan terus melonjak hingga Ramadan dan Lebaran. Berdasarkan pantauan di sejumlah pasar taradisonal, salah satunya di Pasar Tradisonal Panakukang, Makassar, terlihat sejumlah harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan dibanding harga sebelumnya.

Kenaikan harga kebutuhan pokok ini rata-rata mencapai 10-20% di banding harga di hari-hari sebelumnya. Sukardi, salah satu pedagang di pasar tersebut menilai lonjakan harga kebutuhan pokok ini karana menjelang Ramadan yang tinggal beberapa hari lagi.

Sementara, kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan, di antranya gula merah dari Rp12 ribu per kilogram (kg) menjadi Rp15 ribu per kg. "Untuk minyak curah dari RP10 ribu per kg menjadi RP12 ribu per kg," katanya, Kamis (5/6/2014)..

Selian itu, harga kacang tanah sebelumnya hanya Rp16 ribu kini menjadi Rp18 ribu per kg, bawang putih dari Rp10 ribu per kg menjadi Rp12 ribu per kg, bawang merah dari RP17 ribu per kg menjadi Rp20 ribu per kg. Cabai besar dari Rp9 ribu menjadi Rp12 ribu per kg.

Lonjakan harga yang signifikan terjadi pada harga telur ras dari Rp25 ribu dalam satu rak untuk ukuran sedang naik menjadi Rp28 ribu dalam satu rak. Sementara, telur ras ukuran besar sebelumnya hanya Rp28 ribu dalam satu rak menjadi Rp32 ribu dalam satu rak.

Begitu juga dengan harga daging ayam potong yang sebelumnya hanya RP11 ribu per kg menjadi RP18 ribu per kg. Salah satu pedagang ayam potong, Rina mengaku, melonjaknya harga daging ayam potong karena kurangnya pasokan dan tingginya permintaan dari konsumen kendati Ramadan tinggal 23 hari lagi.

Meski harga daging ayam potong mengalami kenaikan, namun tidak demikian untuk harga daging sapi yang harganya cenderung normal yakni Rp85 ribu per kg. Sejumlah pedaganga menilai lonjakan harga kebutuhan pokok diperkirakan akan terus terjadi hingga Ramadan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6832 seconds (0.1#10.140)