Kementan Dorong Peningkatan Kualitas Produk Pertanian

Sabtu, 21 Juni 2014 - 12:04 WIB
Kementan Dorong Peningkatan...
Kementan Dorong Peningkatan Kualitas Produk Pertanian
A A A
MATARAM - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Rusman Heriawan mengatakan, pihaknya akan terus mendorong dan mencari berbagai strategi, yang mampu meningkatkan daya saing produk atau jasa pertanian. Hal ini dalam rangka menghadapi ASEAN Economic Community (AEC) yang akan berlangsung 2015 mendatang.

"Agar kita tetap dapat menjadi negara produsen yang berdaya saing, bukan hanya menjadi tempat dipasarkannya produk dan jasa impor," ujarnya dalam sambutannya pada Pertemuan Nasional Hortikultura, di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (21/6/2014).

Jika dilihat dari sumber daya yang dimiliki Indonesia, dia mengklaim bahwa Indonesia memiliki keunggulan dibanding negara lain. Hal ini menurutnya, tercermin dari aspek teknologi, banyak lembaga penelitian dan pengembangan milik pemerintah atau swasta, serta akademisi yang menghasilkan teknologi tepat guna.

Namun, sambung Rusman, dari segi implementasi pembangunan pertanian yang terpadu masih banyak hal yang harus ditingkatkan. Oleh karena itu, pihaknya terus mendorong perbaikan tersebut.

"Masih banyak hal yang harus ditingkatkan. Ini agar kita dapat menghasilkan produk dan jasa yang berdaya saing di bidang pertanian, khususnya subsektor hortikultura," terangnya.

Kendala tersebut antara lain, banyak produk hortikultura yang bersifat musiman. Sehingga harga menjadi sangat fluktuatif. Selain itu produk hortikultura, menurutnya cepat rusak (perishable).

Oleh karena itu, lanjut dia, diperlukan teknologi penanganan lebih lanjut untuk mengantisipasinya. "Antisipasi dengan mengembangkan usaha pengolahan hasil hortikultura (diversifikasi produk olahan) dalam rangka meningkatkan nilai tambah dan daya saing serta memperpanjang masa simpan," tukas dia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)