Ridwan Kamil Impikan Pasar Tradisional seperti Mal

Jum'at, 27 Juni 2014 - 19:08 WIB
Ridwan Kamil Impikan Pasar Tradisional seperti Mal
Ridwan Kamil Impikan Pasar Tradisional seperti Mal
A A A
BANDUNG - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil (RK) tengah memimpikan agar pasar tradisional yang terkenal dengan becek, kotor, dan bau bisa berubah menjadi sebuah pusat perbelanjaan yang bersih, aman, nyaman, dan multi fungsi.

"Kita ini pasar ini bisa seperti mal," ucap RK saat ditemui di Pasar Cihaurgeulis (Suci), Kota Bandung, Jumat (27/6/2014).

Menurutnya, setiap pasar harus memiliki fungsi campuran yang bisa dimanfaatkan sebagai pusat perdagangan dan pusat interaksi layaknya mal.

"Nantinya pasar itu di atasnya ada apartemen atau rusun. Jadi para pedagang itu tidak usah jauh-jauh pulang ke rumah, tidurnya tinggal di lantai atas. Tapi itu kita khusus pedagang, tidak untuk atas nama perusahaan," jelasnya.

RK juga memimpikan agar pasar tradisional bisa hidup selama 24 jam. "Paginya pasar tradisional. Siangnya, di lantai atas ada tempat olah raga seperti futsal. Dan di sisi lain ada foodcourt atau kafe tempat nongkrong," tuturnya.

Pihaknya sangat berharap, nantinya pasar tradisional tidak hanya bisa dinikmati oleh masyarakat menengah ke bawah. "Kalau orang kaya sudah mau ke pasar tradisional, itu hebat," tegasnya.

Saat ini, lanjut RK, pihaknya tengah dalam proses merevitalisasi dua pasar tradisional, yakni Pasar Cijerah dan Pasar Sarijadi. Sementara ke depan tiga pasar lainnya, yakni Pasar Cihaurgeulis, Pasar Astana Anyar, dan Pasar Sederhana tengah dalam proses perencanaan. "Desainnya sedang saya gambar," tutup RK yang juga mantan dosen Arsitektur ITB itu.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7533 seconds (0.1#10.140)