BI Siapkan Penukaran Uang Rp16,2 T di Jatim

Jum'at, 27 Juni 2014 - 19:22 WIB
BI Siapkan Penukaran Uang Rp16,2 T di Jatim
BI Siapkan Penukaran Uang Rp16,2 T di Jatim
A A A
SURABAYA - Memasuki Ramadan, Bank Indonesia (BI) menyiapkan sekitar Rp16,2 triliun uang kartal untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang bagi masyarakat Jawa Timur (Jatim).

Jumlah yang dikeluarkan mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu sebesar 18,04% atau sebesar Rp13,21 triliun.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IV Jatim, Hamid Ponco Wibowo mengatakan, jumlah uang kartal yang disiapkan tahun ini terdiri dari Rp2,08 triliun uang pecahan kecil (UPK) yaitu pecahan di bawah Rp20 ribu dan Rp14,1 triliun uang pecahan besar (UPB) yaitu pecahan Rp20 ribu ke atas.

Untuk penukaran uang pecahan, Hamid menyatakan tidak ada aturan khusus. Prosesnya seperti tahun-tahun sebelumnya, penukaran uangn pecahan kecil tersebut dilakukan bekerja sama dengan perbankan, baik bank umum maupun BPR.

BI sudah menunjuk sekitar 500 outlet bank sebagai lokasi penukaran uang pecahan kecil. Kerja sama dengan bank umum dan BPR dalam kegiatan penukaran uang merupakan upaya aktif BI untuk mendekatkan diri kepada masyarakat dengan meningkatkan pelayanan dan pemenuhan kebutuhan uang pecahan kecil.

Selain itu, dengan melakukan penukaran UPK di outlet resmi perbankan, keaslian uang yang ditukar lebih terjamin. "Penukaran tidak akan sulit, sama persis seperti tahun sebelumnya," ujar Ponco.

Pelayanan penukaran uang pecahan kecil melalui perbankan akan digelar mulai 1 Juli 2014 hingga menjelang Lebaran dan dilakukan setiap Selasa, Rabu dan Kamis pukul 09.00-12.00 WIB.

Khusus untuk memenuhi kebutuhan uang pecahan kecil bagi masyarakat di wilayah kepulauan seperti Madura dan sekitarnya, BI akan menambah jadwal layanan kas keliling selama Ramadan hingga menjelang Lebaran.

"Kalau di Madura akan ada kas keliling. Ini bukti layanan BI kepada masyarakat," ucapnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0100 seconds (0.1#10.140)