Firmanzah: Pasokan Sembako Aman hingga Lebaran

Senin, 30 Juni 2014 - 12:13 WIB
Firmanzah: Pasokan Sembako Aman hingga Lebaran
Firmanzah: Pasokan Sembako Aman hingga Lebaran
A A A
JAKARTA - Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi dan Pembangunan, Firmanzah mengatakan, bahwa pemerintah memastikan ketersediaan pasokan kebutuhan masyarakat sepanjang Ramadan dan menjelang Lebaran.

Contohnya, kata dia, stok beras di mana Bulog sudah memiliki stok mencapai 2 juta ton atau cukup untuk enam bulan ke depan di samping produksi beras yang tinggi di level 41 juta ton.

Menurutnya, pemerintah terus memonitor perkembangan harga-harga di tingkat masyarakat, sehingga intervensi pasar (operasi pasar) dapat ditempuh sewaktu-waktu jika diperlukan.

Dia mengatakan, dalam pengamatan Kementerian Perdagangan, sebagian besar harga komoditas pangan relatif stabil seperti beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, daging sapi, telur ayam ras, cabai merah keriting, dan bawang putih.

Sementara, komoditas yang bergerak naik seperti daging ayam, telur ayam, bawang merah dan cabai rawit, namun kenaikkannya masih dalam batas toleransi 5-10%.

Bahkan, beberapa komoditas hortikultura, kata Firmanzah, justru menunjukkan fenomena penurunan harga akibat melimpahnya panen. "Untuk itu, pemerintah akan terus mendorong terjadinya harga keseimbangan yang ideal dengan melakukan intervensi ke pasar, baik jika ada lonjakan harga di luar ekspektasi maupun penurunan harga," katanya seperti dikutip dari situs Setkab, Senin (30/6/2014).

Selain pemantauan harga di tingkat masyarakat, pemerintah juga terus memonitor kelancaran distribusi barang-barang kebutuhan pokok untuk memitigasi potensi kenaikan harga akibat tersendatnya distribusi.

Pemerintah meminta instansi terkait terus melakukan koordinasi termasuk bersama-sama dengan para pelaku usaha menjaga kelancaran pasokan, agar keamanan pasokan dapat terjaga sepanjang Ramadan dan menjelang Lebaran.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8150 seconds (0.1#10.140)