K/L Didorong Memonitor Distribusi Pasokan Sembako

Senin, 30 Juni 2014 - 12:21 WIB
K/L Didorong Memonitor...
K/L Didorong Memonitor Distribusi Pasokan Sembako
A A A
JAKARTA - Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi dan Pembangunan, Firmanzah mengatakan, bahwa pemerintah terus mendorong kementerian dan lembaga (K/L) terkait untuk turut memonitor distribusi pasokan kebutuhan pokok.

Termasuk, kata dia, mempersiapkan alternatif jika terjadi gangguan distribusi baik akibat banjir, cuaca ekstrem, dan kendala infrastruktur.

"Sepanjang Ramadan, pengawasan terhadap keamanan pasokan dan distribusinya akan terus dilakukan pemerintah di sejumlah pusat-pusat distribusi," ujarnya seperti dikutip dari situs Setkab, Senin (30/6/2014).

Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini mengatakan, pemerintah juga akan menindak tegas bagi siapapun yang melakukan penimbunan baik perusahaan maupun perorangan sehingga menyebabkan langkanya pasokan di tingkat masyarkaat.

Selain itu, operasi pasar juga akan dilakukan pemerintah bekerja sama dengan pelaku usaha dan Bulog untuk menstabilkan tingkat harga di level konsumen jika terjadi kenaikan harga yang terlalu tinggi.

Karena itu, Firmanzah meminta masyarakat untuk tidak kahawatir dengan ketersediaan pasokan sepanjang Ramadan dan menjelang Lebaran sehingga tidak perlu melakukan pembelian berlebihan.

Menurutnya, dengan keamanan stok yang dimiliki pemerintah saat ini, pemenuhan kebutuhan masyarakat sepanjang Ramadan dan menjelang Lebaran akan terjaga dengan baik. Atas ketersediaan dan kelancaran distribusi pasokan ini, dia berharap, stabilitas harga di tingkat konsumen juga dapat terjaga dengan baik.

"Saya percaya, sepanjang bulan puasa dan menjelang Lebaran, risiko inflasi dapat terkendali sesuai ekspektasi," pungkas Firmanzah.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6481 seconds (0.1#10.140)