Angkutan Logistik Kapal Laut Naik 30%

Rabu, 09 Juli 2014 - 17:07 WIB
Angkutan Logistik Kapal Laut Naik 30%
Angkutan Logistik Kapal Laut Naik 30%
A A A
SEMARANG - Pengiriman logistik menggunakan kapal laut diprediksi bakal mengalami kenaikan hingga 30% selama bulan Ramadan dan menjelang Lebaran. Peningkatan kiriman barang terjadi seiring meningkatnya produksi barang dari pabrik-pabrik dalam mengejar omzet pasar di momentum Lebaran.

“Pada awal Ramadan, biasanya sejumlah pabrik, khususnya makanan olahan seperti roti dan bahan minuman, serta produk tekstil menggenjot produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar,” kata Ketua Indonesia National Ship Owners Association (INSA) Jawa Tengah, M Ridwan, Rabu (9/7/2014).

Jika dalam kondisi normal, rata-rata mencapai 240–250 kontainer. Dengan lonjakan momentum Lebaran ini, tidak akan ada penambahan kapal, karena masih bisa menampung lonjakan volume yang diperkirakan mencapai 30%.

“Tren peningkatan volume barang pabrik jelang Lebaran yang terjadi, selain untuk memenuhi kebutuhan pasar, sekaligus merupakan upaya perusahaan dalam mengantisipasi keterbatasan produksi. Ketika masa lebaran, pabrik-pabrik akan cukup lama meliburkan karyawan,” ujarnya.

Dia mengaku, dengan adanya lonjakan, maka pihaknya sudah berkoordinasi dengan otoritas pelabuhan Tanjung Emas khususnya Terminal Peti Kemas, untuk memperlancar bongkar muat, sehingga bisa mengantisipasi terjadinya penumpukan.

General Manajer Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) Iwan Sabatini menyatakan, TPKS akan mencermati kegiatan bongkar muat terkait menjelang hari Idul Fitri.

Dia mengaku, saat ini yang terus mengalami peningkatan adalah pengiriman domestik, seiring dengan tingginya respons terhadap kebutuhan pengangkutan antar pulau dengan petikemas melewati Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. “Pengiriman domestik lebih didominasi bahan makanan yang akan dikirim ke antar pulau,” katanya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3526 seconds (0.1#10.140)