Jasa Raharja Siapkan Dana Tak Terbatas Jelang Lebaran

Jum'at, 18 Juli 2014 - 14:34 WIB
Jasa Raharja Siapkan...
Jasa Raharja Siapkan Dana Tak Terbatas Jelang Lebaran
A A A
BANDUNG - PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Jawa Barat (Jabar) telah menyiapkan dana tak terbatas untuk menghadapi momen Lebaran. Sebagai operator pemerintah pemberi perlindungan, PT Jasa Raharja menyiapkan dana untuk menyalurkan santunan, baik bagi korban meninggal dunia, luka-luka, maupun cacat tetap.

Kepala PT Jasa Raharja Kantor Cabang Jabar Edy Supriyadi mengatakan, pihaknya mengharapkan tidak banyak kecelakaan yang terjadi terutama pada momen Lebaran.

"Harapannya angka kecelakaan menurun, tetapi nilai manfaatnya justru meningkat. Pada prinsipnya, kami menyiapkan dana tak terbatas untuk mengantisipasi segala sesuatu yang tak diinginkan," ujarnya kepada wartawan, Jumat (18/7/2014).

Edy menerangkan, pada periode Januari-Juni 2014, di Jabar pihaknya telah melakukan pencairan klaim santunan sebesar Rp78,6 miliar. Sebesar Rp1,8 miliar di antaranya untuk santunan bagi korban kecelakaan angkutan umum. Sisanya, Rp76,8 miliar disalurkan bagi korban kecelakaan non-angkutan umum.

"Nilai santunan tertinggi untuk korban meninggal dunia sebesar Rp55,4 miliar bagi 1.972 orang. Untuk santunan korban kecelakaan yang mengalami cacat tetap, senilai Rp946,4 juta. Sementara untuk korban luka-luka, santunannya sekitar Rp20-an miliar," katanya.

Angka tersebut, kata Edy, lebih kecil daripada penyaluran periode yang sama tahun lalu. Pada Januari-Juni 2013, pihaknya mencairkan santunan senilai Rp 85,6 miliar. Edy mengatakan, penurunan tersebut tak lepas dari turunnya angka kecelakaan di Jabar.

"Banyak upaya yang telah dilakukan untuk menekan angka kecelakaan di jalan. Hasilnya bisa dilihat dari menurunnya jumlah klaim yang dicairkan dari tahun lalu ke tahun ini," tuturnya.

Dia menambahkan, dalam upaya pencegahan kecelakaan pada periode H-7 hingga H+7 Lebaran, pihaknya akan menyalurkan bantuan sarana pencegahan kepada mitra kerja utama seperti aparat kepolisian maupun dinas perhubungan.

Sarana pencegahan kecelakaan dimaksud antara lain 20 banner, 400 traffic cone, 110 barikade jalan, 750 rompi scotchlight, 200 jas hujan, 10 speed gun, 20 life buoy, 55 life jacket, 10 alat tes alcohol, dan 60 senter polisi.

"Kami berkomitmen penuh untuk memberi perlindungan bagi seluruh pengguna jalan dan angkutan pada momen Idul Fitri tahun ini," tegasnya.

Pihaknya mengoperasikan sebanyak 34 posko, yang terdiri dari 11 posko pengamanan (PAM) Lebaran dan 23 posko pelayanan kesehatan gratis di berbagai titik Jabar.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0659 seconds (0.1#10.140)