UMKM Cianjur Pilot Project Pelatihan PNM

Kamis, 14 Agustus 2014 - 12:56 WIB
UMKM Cianjur Pilot Project Pelatihan PNM
UMKM Cianjur Pilot Project Pelatihan PNM
A A A
JAKARTA - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mengembangkan pola pelatihan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) berbasis kelompok guna memperluas efektivitas dan cakupan pemberdayaan hingga ke pelosok desa.

Perseroan mengawali program ini dengan membentuk lima klaster atau kelompok usaha di Cianjur, Jawa Barat, dengan jumlah pelaku UMKM di masing-masing klaster bervariasi antara 15-25 pelaku UMKM.

Program Pemberdayaan Kapasitas Usaha (PKU) yang sudah dijajaki sejak Agustus 2013 ini telah memasuki tahap akhir, dengan jumlah UMKM penerima manfaat sekitar 100 pengusaha, 70% diantaranya merupakan nasabah Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM).

“Pelatihan usaha berbasis kelompok ini cukup efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan kemampuan bisnis nasabah ULaMM, serta membuka peluang usaha di antara mereka,” jelas Executive Vice President PNM Arief Mulyadi pada acara Penutupan Program Pelatihan Kelompok Nasabah UlaMM dalam rilisnya, Kamis (14/8/2014).

Dia melanjutkan, lima klaster usaha yang berhasil dibentuk PNM di wilayah Cianjur adalah Kelompok Sadewata, Cikalong, Cipanas, Ciranjang, dan Warungkondang.

Materi pelatihan cukup beragam, antara lain manajemen pelayanan prima, manajemen pengelolaan keuangan, manajemen keuangan rumah tangga, kiat pengeloalan utang-piutang, manajemen risiko, dan motivasi usaha.

Menurutnya, tujuan dari program PKU ini adalah membentuk kelompok UMKM berdasarkan kedekatan geografis sehingga lebih efektif sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik wilayah.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6818 seconds (0.1#10.140)