Perbankan Diminta Segera Tukarkan Uang NKRI

Kamis, 14 Agustus 2014 - 15:47 WIB
Perbankan Diminta Segera Tukarkan Uang NKRI
Perbankan Diminta Segera Tukarkan Uang NKRI
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) pada 17 Agustus 2014 akan memperkenalkan uang emisi baru dengan nama uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Berkenaan dengan hal tersebut, BI mengimbau bank umum maupun swasta harus menukarkan uang lama dengan uang NKRI secepatnya.

Dikenalkannya uang NKRI tersebut belum tentu masyarakat dapat langsung mendapatkan jenis uang baru yang diproduksi oleh Perum Peruri tersebut.

"Pada 17 Agustus baru kita kenalkan, tidak bisa masyarakat langsung mendapatkan. Bank harus tukar ke Bank Indonesia (BI) dulu, jadi tidak bisa pada 17 Agustus itu bank langsung transaksi, jadi harus segera itu," kata Deputi Gubernur BI Ronald Waas saat ditemui di Gedung BI, Kamis (14/8/2014).

Pihaknya mengaku saat ini telah mengirimkan uang NKRI ke seluruh kantor cabang Bank Indonesia di seluruh wilayah Indonesia.

"Uang NKRI sudah siap, uangnya sudah kita deliver ke seluruh kantor Cabang Bank Indonesia di seluruh Indonesia," tegas Ronald.

Sayangnya, ketika dikonfirmasi berapa nilai dan jumlah pencetakan uang NKRI tersebut, Ronald masih enggan mengungkapkannya.

Uang NKRI untuk tahap awal hanya akan diedarkan untuk pecahan Rp100 ribu. Hal itu lebiuh dikarenakan pencetakan dan pendistribusian uang pecahan lebih kecil akan dilakukan sesuai jadwal yang di tetapkan pemerintah.

Sementara, untuk uang pencetakan lama terutama pecahan Rp100 ribu, masih akan tetap berlaku hanya saja perlahan akan mulai ditarik Bank Indonesia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3990 seconds (0.1#10.140)