Harga BBM Tak Naik Tahun Depan, APBN Tidak Berfungsi

Sabtu, 16 Agustus 2014 - 17:13 WIB
Harga BBM Tak Naik Tahun...
Harga BBM Tak Naik Tahun Depan, APBN Tidak Berfungsi
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Chairul Tandjung (CT) menilai, jika tahun depan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tidak dinaikkan, hal itu sama saja Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang dicanangkan pemerintah tidak berfungsi.

"APBN sebagai agent of growth tidak akan efektif," ujarnya di kantor Ditjen Pajak Jakarta, Jumat (15/8/2014).

CT mengatakan, anggaran pengeluaran untuk pembangunan tahun depan akan sama dengan anggaran tahun ini, jika tidak ada kenaikan harga BBM.

"Kalau harga BBM enggak naik tahun depan, maka pengeluaran pembangunan akan sama dengan pembangunan tahun ini," ucapnya.

Mantan Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) ini menyarankan perlu adanya pengalihan subsidi pada pengeluaran yang lebih produktif. "Kalau mau dana pembangunannya lebih ada action, harus men-switch pengeluaran," tegasnya.

Kendati demikian, CT tetap menyerahkan keputusan kepada pemerintahan baru. Dia mengatakan pemerintah akan memberikan ruang gerak yang lebar untuk pemerintahan baru untuk menjalankan programnya. Sebab itu, mengapa RAPBN 2015 yang disusun pemerintah hanya bersifat baseline untuk operasional dan pelayanan publik saja.

"RAPBN 2015 itu sudah dikatakan hanya baseline. Bukan yang dipakai sampai akhir 2015. Ini cuma kasih plate saja, nampan. Kita serahkan ke pemerintahan baru, kita persilakan. Itu mau diapain kita persilakan," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0896 seconds (0.1#10.140)