Pefindo Pertahankan Prospek Negatif Peringkat SIMP

Kamis, 04 September 2014 - 09:50 WIB
Pefindo Pertahankan...
Pefindo Pertahankan Prospek Negatif Peringkat SIMP
A A A
JAKARTA - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan peringkat idAA untuk PT Salim Invomas Pratama Tbk (SIMP), dengan prospek negatif.

Selain itu, Pefindo juga memberikan peringkat serupa untuk Obligasi I/2009 dan peringkat idAA(sy) untuk Sukuk Ijarah I/2009, yang akan jatuh tempo pada 1 Desember 2014.

Pefindo memberikan peringkat tersebut karena meyakini bahwa SIMP mampu membayar kewajibannya, yang akan jatuh tempo sebesar Rp730 miliar menggunakan pinjaman dari pemegang saham utama perseroan.

"Namun, Pefindo masih mempertahankan prospek negatif terhadap peringkat korporat SIMP," kata dia dalam rilisnya, kamis (4/9/2014).

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi laba yang membaik pada semester I tahun ini terkena imbas jangka pendek dari harga komoditas yang lebih rendah pada semeter II/2014, yang dapat mengurangi proteksi arus kas, sedangkan perusahaan masih memerlukan belanja modal untuk menjaga profil perkebunannya.

Dia menjelaskan, peringkat tersebut mencerminkan diversifikasi produk dan area yang baik, kegiatan operasional yang terintegrasi secara vertikal dengan profil perkebunan yang baik untuk mengamankan kebutuhan bahan baku dan proteksi arus kas yang kuat dengan likuiditas cukup.

Kendati demikian, peringkat itu dibatasi risiko kondisi cuaca yang tidak dapat diprediksi dan fluktuasi harga komoditas global, dan persaingan ketata di bisnis minyak dan lemak nabati.

Adapun pemegang saham perusahaan perkebunan ini per seemster I/2014, yakni Indofood Agri Resources Ltd sebesar 73,5%, PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) senilai 6,5%, dan sisanya atau mencapai 20% dimiliki publik.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1225 seconds (0.1#10.140)