Newmont Ngebet Segera Ekspor Konsentrat

Kamis, 04 September 2014 - 14:53 WIB
Newmont Ngebet Segera Ekspor Konsentrat
Newmont Ngebet Segera Ekspor Konsentrat
A A A
JAKARTA - Presiden Direktur PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) Martiono Hadianto mengatakan, kesepakatan NNT dengan pemerintah memungkinkan perusahaan segera memperoleh izin ekspor konsentrat tembaga.

Menurutnya, setelah izin ekspor diperoleh, Newmont akan memanggil para karyawan dan kontraktor untuk kembali bekerja dan kembali memulai kegiatan operasi tambang tembaga dan emas Batu Hijau secara aman dan tepat waktu.

Perusahaan memperkirakan tambang Batu Hijau akan kembali melakukan ekspor konsentrat tembaga dan beroperasi secara normal pada September.

Martiono mengatakan, bahwa tercapainya kesepakatan ini juga sebagai bukti komitmen NNT dalam mendukung kebijakan pemerintah.

"Ini menunjukkan komitmen NNT dalam mendukung kebijakan pemerintah untuk meningkatkan pengolahan dan pemurnian dalam negeri. Dan memulai kembali kegiatan operasi tambang Batu Hijau bagi kepentingan kita semua," ujar dia dalam rilisnya di Jakarta, Kamis (4/9/2014).

Nota Kesepahaman ini mengatur kesepahaman bersama atas enam hal pokok renegosiasi kontrak karya (KK). Nantinya, akan dimasukkan dalam amandemen KK.

Keenam hal pokok tersebut adalah luas wilayah KK, royalti, pajak dan bea ekspor, pengolahan dan pemurnian dalam negeri, divestasi saham, penggunaan tenaga kerja lokal, barang dan jasa dalam negeri, dan masa berlaku KK.

"Setiap pihak menyadari dimulainya kembali kegiatan ekspor konsentrat tembaga dari tambang Batu Hijau sangat penting guna melindungi mata pencaharian ribuan karyawan dan kontraktor, serta memelihara roda ekonomi daerah," pungkasnya.

(Baca: Newmont Baru Bisa Ekspor jika Syaratnya Lengkap)
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6839 seconds (0.1#10.140)