Newmont Bersedia Bayar Bea Keluar Ekspor

Kamis, 04 September 2014 - 15:13 WIB
Newmont Bersedia Bayar Bea Keluar Ekspor
Newmont Bersedia Bayar Bea Keluar Ekspor
A A A
JAKARTA - PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) dipastikan mengantongi izin ekspor konsentrat tembaga atas penandatanganan nota kesepahaman antara NNT dan pemerintah.

Presiden Direktur PT NNT mengatakan, dengan penandatanganan ini, Newmont setuju untuk membayar bea keluar dengan tarif sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah yang dikeluarkan pada Juli 2014.

"Ketentuannya menyediakan dana jaminan keseriusan senilai USD25 juta sebagai bentuk dukungan terhadap pembangunan smelter, membayar royalti 4,0% untuk tembaga, 3,75% untuk emas, dan 3,25% untuk perak, serta membayar iuran tetap USD2 per ha," ujar dia dalam rilisnya, Kamis (4/9/2014).

Sementara, pada 25 Juli 2014, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) merevisi Peraturan Pemerintah yang dikeluarkan pada Januari 2014 berisi menurunkan tarif bea keluar untuk konsentrat tembaga bagi perusahaan-perusahaan yang menunjukkan dukungan terhadap proses pembangunan smelter.

Peraturan tersebut mengatur tarif bea keluar untuk konsentrat tembaga berkurang seiring kemajuan pembangunan smelter yang dimulai dengan tarif 7,5%.

Kemudian, menurun menjadi 5% bila tingkat kemajuan pembangunan smelter melampaui 7,5%, dan akhirnya menjadi 0% bila tingkat kemajuan pembangunan smelter melampaui 30%.

"Kami dan pemerintah akan kembali lakukan perundingan amandemen KK yang diperkirakan akan diselesaikan dalam waktu enam bulan. Tidak ada perubahan ketentuan KK selain bea keluar, jaminan keseriusan, royalti, dan iuran tetap sebelum renegosiasi KK selesai," jelas Martiono.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4752 seconds (0.1#10.140)