Alfamart-Koran Sindo Siap Sinergikan Jaringan

Jum'at, 05 September 2014 - 17:31 WIB
Alfamart-Koran Sindo Siap Sinergikan Jaringan
Alfamart-Koran Sindo Siap Sinergikan Jaringan
A A A
JAKARTA - Bisnis jaringan ritel modern di tanah air akan mengalami tantangan baru pada 2020. Para pelaku pasar perlu secepatnya memperkuat kerja sama demi menjaga loyalitas konsumen.

Komisaris PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) Pudjianto mengatakan, pihaknya siap bekerjasama dengan media Koran Sindo dan MNC Group. Hal ini dibutuhkan kedua pihak untuk saling menyinergikan pelanggan dan memberikan nilai tambah. Sebelum ini perseroan telah memiliki lebih dari 20 mitra untuk memperkuat layanan kepada pelanggan.

"Kami ingin mengembangkan yang lebih kuat untuk saling memberikan nilai tambah. Kedepan akan dikembangkan layanan berlangganan surat kabar nasional dengan Koran Sindo. Kita saling membutuhkan," ujar Pudjianto dalam kunjungan direksi Alfamart ke Gedung Sindo, Jakarta, Jumat (5/9/2014).

Dia mengatakan, persaingan toko ritel modern kedepan untuk memperkuat direct member yang loyal. Hal ini membuat perseroan memperkuat kerja sama dengan melayani pembelian tiket pesawat, cicilan kredit kendaraan bermotor, hingga event. Para pelaku pasar akan saling memenuhi tren konsumen yang semakin membutuhkan pelayanan yang personal, memperhatikan kesehatan dan keindahan.

"Pertumbuhan masih akan terus terjadi. GDP di tahun 2020 diperkirakan mencapai USD7 ribu. Ini berarti kue yang sangat besar. Bagaimana caranya ini bisa dimaksimalkan pemain lokal," ujarnya.

Walaupun telah melewati masa keemasan, namun bukan berarti bisnis ritel di dalam negeri tidak menjanjikan lagi. Investor asing diperkirakan masih akan masuk secara masif ke bisnis ritel dalam negeri.

Bahkan dengan investor dari China atau Jepang yang memiliki suku bunga rendah, siap menanggung rugi 10 tahun demi berinvestasi jangka panjang di sini. Sementara jaringan toko ritel modern lokal sudah mulai berguguran berganti pemain asing.

"Kalau tidak dilindungi maka jaringan distribusi akan dikuasai asing. Pemerintah sebaiknya memberikan kebijakan yang pro pemain lokal dan selektif dengan pemain asing yang akan masuk," ujarnya.

Dia juga bercerita tentang ekspansi perseroan ke Filipina dengan menargetkan akan membuka 50 gerai Alfamart di Manila. Ekspansi yang baru dimulai tahun ini sudah memiliki tujuh gerai di negara tersebut. Konsep Alfamart di Filipina hampir sama dengan di Indonesia karena kultur masyarakat yang hampir mirip.

"Ekspansi Alfamart ke Filipina dengan pola franchise. Kita bangun 50 gerai tahap pertama di tahun ini saja," ungkapnya.

Diharapkan Pudjianto, ekspansi Alfamart di Manila akan menjadi awal eksport makanan dan produk Indonesia. Dalam jangka panjang akan menyusul produk UKM Indonesia akan masuk ke pasar mancanegara karena konsep minimarket hanya dimiliki oleh Indonesia.

"Negara lain menggunakan model convenient store. Karena akses infrastruktur mereka tidak sepelik kita di dalam negeri. Ini yang membuat minimarket akan terus digunakan di dalam negeri," terangnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengatakan sedang mengembangkan Alfaonline yang menawarkan kemudahan berbelanja online. Melalui Alfaonline konsumen dapat memperoleh produk kebutuhannya tanpa harus datang ke toko.

Konsumen akan dilayani dengan dua sistem yang mendapatkan produk yang dibeli yakni pengambilan barang di toko dan pengiriman barang dengan jadwal tertentu.

"Potensi e-commerce sangat terbuka karena barang yang akan dibeli sudah jelas. Ini akan menjadi tren yang sangat diperlukan kedepan," ujarnya.

Sementara itu Direktur Utama Koran Sindo Sururi Al Farouk menyambut baik rencana kerja sama tersebut. Dia mengatakan, Koran Sindo dan jaringan MNC Group siap untuk mendukung brand Alfamart sebagai brand lokal yang kuat. Sehingga wajar jika kerja sama lainnya juga harus dikembangkan, khususnya untuk jaringan distribusi.

"Kedua perusahaan ini akan saling melengkapi karena kekuatan jaringan di antara keduanya. Alfamart sangat bagus dalam jaringan gerainya, yang rapi dan modern," ujar Farouk dalam kesempatan yang sama.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3339 seconds (0.1#10.140)