Pemerintah Akan Bangun Bandara di Papua Rp30 M

Selasa, 23 September 2014 - 05:51 WIB
Pemerintah Akan Bangun Bandara di Papua Rp30 M
Pemerintah Akan Bangun Bandara di Papua Rp30 M
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan membangun dan mengembangkan Bandara Werur di Kabupaten Tabrauw, Papua Barat senilai Rp30 miliar.

Proyek yang dianggarkan dari APBN 2015 ini ditargetkan selesai dalam tiga tahun ke depan.

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Santoso Edy Wibowo mengatakan, saat ini lahan masih dalam proses pembebasan bersama pemerintah daerah setempat.

"Rencananya akan kita groundbreaking pada tahun 2015. Tahap awal anggaran disiapkan Rp30 miliar," ujarnya, usai penandatanganan memorandum of understanding (MoU) pengembangan Werur bersama Pemerintah Kabupaten Tabrauw, Provinsi Papua Barat di Jakarta, Senin (22/9/2014).

"Namun, itu belum semuanya karena proses pembangunan dijadwalkan multiyears. Untuk tahap pertama terdiri dari runway, taxi way dan apron," tambahnya.

Santoso mengatakan, selain anggaran APBN anggaran lain juga diharapkan berasal dari pemerintah daerah setempat. Anggaran tersebut, terutama akan diperuntukkan bagi pembebasan lahan, dengan lahan tersedia maksimal hektare.

"Pemerintah daerah setempat sudah menjanjikan penyediaan lahan. Sehingga kami tinggal memastikan dengan melakukan kajian di sana. Makanya pembangunan ini kami awali dulu dengan MoU agar ke depan bisa pasti terlaksana," jelasnya.

Dia menyebutkan, Direktoratnya hanya akan melaksanakan pembangunan dari sisi udara Werur. Sementara untuk sisi darat, akan dilakukan bersama pemerintah daerah setempat.

"Anggaran Rp30 miliar ini nantinya akan kita lihat dulu. Kemungkinan masih akan bertambah karena pembangunannya juga bertahap atau dianggarkan multiyears dalam APBN," tandas Santoso.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3118 seconds (0.1#10.140)