PTPP dan Dua BUMN Bentuk JV Jasa Pelabuhan

Selasa, 30 September 2014 - 11:37 WIB
PTPP dan Dua BUMN Bentuk JV Jasa Pelabuhan
PTPP dan Dua BUMN Bentuk JV Jasa Pelabuhan
A A A
JAKARTA - Tiga badan usaha milik negara (BUMN), yakni PT PP Tbk (PTPP), PT Waskita Karya Tbk (WSKT) dan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I membentuk perusahaan patungan (joint venture/JV).

Direktur Keuangan PTPP Tumiyana mengatakan, perusahaan patungan yang bergerak di bidang perdagangan umum dan jasa terkait pelabuhan diberi nama PT Prima Multi Terminal.

"Setoran modal dari perseroan sebesar Rp52,2 miliar dengan mendapatkan porsi kepemilikan saham sebesar 30%," kata dia dalam keterangannya di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEi), Selasa (30/9/2014).

Dia menjelaskan, keikutsertaan perseroan dalam perusahaan patungan tersebut dalam rangka mengimplementasikan sinergi antar BUMN sesuai dengan kebijakan pemerintah serta untuk memberikan nilai tambah bagi pemegang saham dan pemangku kepentingan perseroan.

Selain itu, juga melaksanaan rencana perusahaan di bidang pengembangan investasi, sehingga PTPP melakukan kerja sama pengoperasian dan pengelolaan terminal pelabuhan di wilayah pelindo I.

Adapun modal dasar perusahaan patungan yang berlokasi di Kuala Tanjung, Medan, Sumatera Utara, itu sebesar Rp580 miliar, dengan modal ditempatkan dan disetor penuh senilai Rp174 mliar.

Sementara kompoisisi saham awal dari tiga perusahaan yang terlibat dalam pembentukan JV itu, yakni PTPP sebesar 30%, Pelindo I sebanyak 55%, dan Waskita sekitar 15%.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7125 seconds (0.1#10.140)