Kemendag Gelar Pameran Dagang Terbesar

Kamis, 02 Oktober 2014 - 10:58 WIB
Kemendag Gelar Pameran Dagang Terbesar
Kemendag Gelar Pameran Dagang Terbesar
A A A
JAKARTA - Indonesia kembali mengadakan perhelatan tahunan Trade Expo Indonesia (TEI) 2014. Ini merupakan event terbesar di sektor perdagangan yang diadakan untuk ke-29, dengan tema "Towards Green Business".

"TEI merupakan pameran dagang Indonesia yang sifatnya terbesar. Ini merupkan ajang promosi tahunan dengan memperkenalkan produk dan jasa terbaik Indonesia. Dengan mengedepankan produk Indonesia yang ramah lingkungan. Kita juga sekaligus memberikan apresiasi kepada buyers yang senantiasa percaya pada kualitas produk dan jasa ekspor Indonesia," kata Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (2/10/2014).

Dalam TEI 2014, produk yang akan dipamerkan dan ditawarkan adalah produk ekspor utama Indonesia, seperti minyak sawit (CPO), tekstil, alat elektronik dan karet. Kemudian ekspor prospektif, misalnya perhiasan, perikanan, tambak serta produk kebanggaan Indonesia, seperti produk sarana telekomunikasi, vaksin, dan pupuk.

"Dari komposisi produk sendiri, beberapa yang paling diminati buyes adalah tekstil dan produk tekstil tersebut diikuti dengan produk home decoration, produk pertanian, fashion dan aksesoris serta produk furniture kayu," papar Lutfi.

Lutfi menambahkan, sampai dengan 1 Oktober 2014, buyers yang telah terdaftar mendekati 12.000 buyer yang berasal dari 97 negara. Selain itu, sebanyak 63 negara juga akan mengirimkan delegasi misi dagangnya.

"TEI 2014 ini juga untuk mempersiapkan pelaku usaha untuk menghadapi masyarakat ekonomi Asean," ujar dia.

TEI, Lutfi menjelaskan, juga sebagai ajang untuk memperkenalkan produk-produk andalan Indonesia karena separuh dari penduduk Asean adalah Indonesia. Ini juga merupakan promosi untuk negara-negara Asean ke depannya..

"Harapan kita, kegiatan ini dapat menggenjot kepentingan ekspor dalam negeri, dan mendukung Indonesia sebagai basis ekspor di kawasan Asia Pasifik," tandas dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3771 seconds (0.1#10.140)