Anggaran Perbaikan Tol Jakarta-Cikampek Rp100 Miliar

Jum'at, 03 Oktober 2014 - 17:47 WIB
Anggaran Perbaikan Tol Jakarta-Cikampek Rp100 Miliar
Anggaran Perbaikan Tol Jakarta-Cikampek Rp100 Miliar
A A A
JAKARTA - PT Jasa Marga Tbk mengungkapkan anggaran perbaikan ruas Tol Jakarta-Cikampek pada tahun ini mencapai Rp100 miliar.

Anggara tersebut dikeluarkan dalam upaya memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM) kepada pengguna jalan bebas hambatan.

"Demi meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan dan sebagaimana kewajiban kami selaku badan usaha jalan tol, kami melakukan perbaikan rutin," kata General Manager (GM) PT Jasa Marga Tbk, Tol Jakarta-Cikampek, Yudhi Krisyunoro dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/10/2014).

"Di antaranya mengganti lampu konvensional menggunakan LED, pagar, serta membangun median jalan termasuk penambalan jalan berlubang," lanjutnya.

Secara rinci, biaya perbaikan pagar menelan biaya Rp8 miliar, sedangkan pelapisan kembali jalan tol membutuhkan Rp80 miliar, ditambah lampu jalan Rp8 miliar serta median jalan dengan beton Rp8 miliar.

Dari sisi fisik, lanjut Yudhi, pelapisan kembali jalan tol arah Jakarta telah selesai 90% sedangkan perbaikan arah ke Cikampek baru berjalan 80%.

"Akhir tahun ini, mudah-mudahan secara keseluruhan tuntas. Sedangkan lampu-lampu, intinya untuk menghemat energi dan lebih ramah lingkungan," jelasnya.

Dia menuturkan, untuk median jalan menggunakan beton arah Jakarta sudah 100%. Sementara arah Cikampek masih sekitar 95% karena pada KM 6 dan 2 saat ini tengah dalam proses penyelesaian dan diharapkan akhir bulan ini tuntas.

Tol Jakarta-Cikampek memiliki jumlah lalu lintas harian (LHR) rata-rata sekitar 400 ribu kendaraan per hari dengan perkiraan kontribusi pendapatan sekitar Rp5 miliar per hari.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7133 seconds (0.1#10.140)