Hasil Tenun Samarinda Punya Potensi Tembus Ukraina

Senin, 13 Oktober 2014 - 18:12 WIB
Hasil Tenun Samarinda Punya Potensi Tembus Ukraina
Hasil Tenun Samarinda Punya Potensi Tembus Ukraina
A A A
SAMARINDA - Hasil tenun Kota Samarinda yang memiliki khas tersendiri bisa punya potensi menembus pasar Ukraina dan sekitarnya.

Hal ini disampaikan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Untuk Ukraina, Niniek Kun Naryati, mengunjungi kampung tenun di Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (13/10/2014).

“Kunjungan kerja saya ke Kaltim ini untuk mencari potensi-potensi kekuatan ekonomi di daerah, untuk dipromosikan di negara akreditasi saya. Jadi saya datang ke Kaltim ini untuk bertemu dengan stakeholder, pemerintah dan pelaku usaha,” kata Niniek.

Saat berkunjung ke Kampung tenun, Niniek mengaku pasar Sarung Tenun Samarinda punya potensi besar untuk diekspor ke Ukraina. Tugasnya sebagai Duta Besar Indonesia untuk Ukraina akan membantu mempromosikan sarung tenun ini.

“Kita sebagai garda terdepan promosi akan memfasilitasi untuk menginformasikan ke pelaku usaha, pasar ini bagus, pasar ini tembus, harus seperti ini, harus seperti itu. Itulah salah satu tugas kita sebagai bentuk diplomasi ekonomi,” katanya.

Untuk Kaltim, Niniek mengaku banyak produk potensial yang bisa menembus pasar dunia, termasuk Ukraina. Duta Besar untuk Ukraina yang juga merangkap Armenia dan Georgia ini menyatakan potensi produk laut Kaltim amat menjanjikan di Ukraina.

Untuk hasil tenun di Samarinda, Niniek juga menyatakan pontensi besar hasil tenun ini untuk menembus pasar eropa. “Di Ukraina, warga di sana suka pakaian yang cerah. Maka, kain-kain terbaik hasil olahan tangan warga Kota Samarinda ini bisa diekspor ke Ukraina,” katanya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6291 seconds (0.1#10.140)