Ini Keistimewaan Kereta Jayabaya

Sabtu, 18 Oktober 2014 - 14:45 WIB
Ini Keistimewaan Kereta Jayabaya
Ini Keistimewaan Kereta Jayabaya
A A A
JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) kembali meluncurkan produk terbarunya, KA Jayabaya kelas ekonomi relasi Pasar Senen-Malang pulang pergi (PP).

Peluncuran KA ini lantaran permintaan masyarakat yang cukup tinggi, khususnya untuk relasi Jakarta-Malang PP, yang selama ini hanya dilayani oleh 4 KA, yaitu KA Matarmaja, KA Majapahit untuk kelas ekonomi dan KA Gajayana dan Bima untuk kelas eksekutif.

Direktur Utama KAI Ignasius Jonan mengatakan, meskipun KA Jayabaya tergolong kelas ekonomi, namun memiliki keistimewaan, berupa fasilitas yang lebih lengkap karena sebagian keretanya didesain untuk memfasilitasi penyandang cacat (difabel).

"Untuk fasilitas lain, sama seperti KA yang lain, yaitu fasilitas AC, stop kontak di masing-masing tempat duduk serta desain interior yang lebih bagus," ujarnya saat Peluncuran KA Jayabaya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (18/10/2014).

Menurut Jonan, kelebihan lain dari KA Jayabaya adalah waktu tempuh yang lebih singkat karena melalui lintas utara yang seluruh lintasnya sudah menggunakan jalur ganda (double track). Rangkaian KA Jayabaya menggunakan rangkaian baru dengan jarak antartempat duduk yang relatif lebih luas daripada KA ekonomi biasa.

"Ini karena KA Jayabaya memiliki jumlah tempat duduk sebanyak 80 seat dan 64 seat (kereta khusus difabel), sementara untuk KA ekonomi biasa jumlah tempat duduk satu kereta mencapai 106 seat," jelas dia.

Adapun 12 stasiun yang akan disinggahi KA Jayabaya adalah Malang, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Bojonegoro, Cepu, Randublatung, Ngrombo, Semarang Tawang, Pekalongan, Tegal, Cirebon dan Pasar Senen.

Sementara tarif yang diberlakukan untuk KA Jayabaya ini adalah tarif tanda subsidi (PSO) dengan menerapkan tarif batas atas (TBA) dan tarfi batas bawah (TBB), sebagai berikut :

Tarif batas atas Malang Jakarta/sebaliknya Rp400.000

Tarif batas bawah Malang Jakarta/sebaliknya Rp190.000

"Pada tiga hari pertama sejak diresmikan, terhitung tanggal 18-20 Oktober 2014, kami akan memberlakukan tarif promo 50%. Bukan hanya itu, PT Reska Multi Usaha sebagai pengeloa restorasi KA Jayabaya yang mengelola layanan makanan dan minuman memberikan promo diskon 25% spesial selama periode 18-20 Oktober 2014," ungkapnya.

(Baca: Kereta Jayabaya Jakarta-Malang Resmi Meluncur)
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3202 seconds (0.1#10.140)