Dana Simpedes BRI Terbesar dari Petani

Senin, 27 Oktober 2014 - 01:05 WIB
Dana Simpedes BRI Terbesar dari Petani
Dana Simpedes BRI Terbesar dari Petani
A A A
SEMARANG - Dana Simpedes BRI Wilayah Semarang, Jawa Tengah di pedesaan paling besar berasal dari petani. Namun, akibat kondisi paceklik (kemarau) BRI sulit mengumpulkan dana dari petani.

“Biasanya komoditas pertanian sangat dipengaruhi faktor cuaca, kemudian produktivitas menurun, dan juga harga jatuh saat panen,” ujar Kepala Kanwil BRI Wilayah Semarang, Ahmad Chairul Ghanie, Minggu (26/10/2014).

Dia melihat faktor lain yang sangat berpengaruh terhadap petani di Jawa Tengah adalah masalah jatuhnya harga pada saat panen raya. Melihat kondisi tersebut BRI memiliki fasilitas pinjaman residu bank.

Fasilitas ini memberikan peluang kepada petani untuk menjual hasil panen mereka pada saat harga naik. Dia mencontohkan sistem pinjaman tersebut petani memiliki hasil panen senilai Rp100 juta, maka berikan pinjaman sebesar Rp70 juta. Petani tidak perlu langsung menjual hasil panen, namun menyimpannya dulu ke gudang.

"Kalau pas harga bagus baru kemudian dijual. Semakin cepat penyimpanan maka akan semakin menguntungkan petani,” terangnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5471 seconds (0.1#10.140)