UMKM Didorong untuk Perbaiki Kemasan Produk

Selasa, 28 Oktober 2014 - 19:46 WIB
UMKM Didorong untuk Perbaiki Kemasan Produk
UMKM Didorong untuk Perbaiki Kemasan Produk
A A A
JAKARTA - Mantan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar menyarankan agar pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang akan bersaing di Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada 2015 memperbaiki kemasan produk.

Menurutnya, hal ini harus dilakukan agar produk dalam negeri berdaya saing tinggi.

“Produk Indonesia bagus dan bisa bersaing. Jika kemasannya tidak menarik kita bisa kalah. Saya sangat setuju jika produk Indonesia dikemas sedemikian rupa agar menarik,” ujar Nirwan dalam diskusi bertajuk Gerakan Nasional Masyarakat Wirausaha Menghadapi MEA 2015 di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (28/10/2014).

Produk Indonesia yang bagus akan kekurangan nilai jualnya bila kemasan tidak menarik. “Lihat saja moci yang diproduksi Jepang, mereka kemas sedemikian rupa. Padahal produk rumahan," ujarnya.

Dia menyebutkan, di sana sudah ada yang memproduksi khusus kemasan. Sehingga, standar dan kualitas penampilan produknya terjaga.

"Mau produk apa saja bisa. Tinggal pesan bentuk dan warna yang diinginkan. Coba lihat moci Cianjur. Dari dulu sampai sekarang gitu-gitu aja. Disimpan dalam keranjang kecil ditabur tepung," bebernya
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8289 seconds (0.1#10.140)