Pemerintah Diminta Kembangkan Perikanan di Kawasan Timur

Selasa, 04 November 2014 - 11:31 WIB
Pemerintah Diminta Kembangkan Perikanan di Kawasan Timur
Pemerintah Diminta Kembangkan Perikanan di Kawasan Timur
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto menilai, potensi komoditas kelautan dan perikanan Kawasan Timur Indonesia perlu dikembangkan lebih jauh.

Pasalnya, masih banyak hambatan yang ditemui dan perlu segera mendapatkan penanganan startegis dan tepat sasaran.

"Potensi di Kawasan Timur Indonesia melimpah, tidak diragukan lagi. Tapi pengolahan SDA di sana masih minim, tak terkecuali untuk sektor kelautan dan perikanan," ujarnya di Jakarta, Selasa (4/11/2014).

Menurut dia, seharusnya sektor kelautan dan perikanan dapat menjadi salah satu unggulan bagi pengembangan ekonomi kawasan timur.

"Banyak pelaku yang sangat potensial sebenarnya, bahkan untuk melakukan ekspor. Namun, masih terhambat minimnya pengetahuan dan pengalaman ekspor serta biaya logistik yang masih tinggi," katanya.

Dia mengatakan, kondisi saat ini belum berpihak pada nelayan dan pelaku usaha perikanan. Karena itu, Kadin mengharapkan baik pemerintah pusat, khususnya pemerintah daerah kawasan timur dapat menciptakan regulasi efektif bagi pengembangan kelautan dan perikanan di daerah.

"Tantangan di timur memang berat, karena terhambat infrastruktur, sehingga nelayan dan para pengusaha kesulitan mencapai pasarnya. Padahal produk perikanan harus terjual cepat. Di sisi lain, sentra perikanan di sana masih banyak belum memiliki cold storage yang memadai," ungkap Yugi.

Pihaknya berharap, berbagai hambatan tersebut dapat segera dicari solusinya. Pemerintah diminta segera melakukan pembenahan dan memperhatikan hal-hal yang menyulitkan sektor kelautan di Indonesia timur.

Kadin juga berharap adanya sinergi antara pemerintah dengan pelaku usaha untuk bersama-sama mencari solusi atas masalah yang dihadapi sektor kelautan.

"Swasta bisa aktif dalam investasi, tapi ini juga bergantung pada langkah pemerintahnya seperti apa. Intinya kita ingin kawasan timur sektor kelautan bisa lebih berkembang," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6540 seconds (0.1#10.140)