Rachmat Gobel Ungkap Penyebab Harga Cabai Naik

Kamis, 06 November 2014 - 10:41 WIB
Rachmat Gobel Ungkap Penyebab Harga Cabai Naik
Rachmat Gobel Ungkap Penyebab Harga Cabai Naik
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel mengungkapkan, melonjaknya harga cabai di pasaran lantaran berlangsungnya musim kemarau.

Menurutnya, musim kemarau menyebabkan kekeringan di beberapa sentra pertanian cabai. Harga cabai di pasar tradisional mengalami lonjakan dalam beberapa hari terakhir.

"Itu banyak alasannya, karena kemarin yang saya temukan, banyak kekeringan," ujar dia di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) Jakarta, Kamis (6/11/2014).

Dia mengatakan, lonjakan tersebut juga diakibatkan buruknya sistem Logistik di Indonesia. Banyak komoditas pangan yang terlambat sampai ke wilayah tujuan, sehingga tak jarang kualitas cabai menjadi menurun.

"Mereka, ketika membawa ke sini kena air pasang, harusnya satu hari jadi tiga hari. Contohnya, tadinya bawa 100 kg karena rusak barangnya tinggal 80 kg. Tapi dia harus tetap hitung 100 kg, belum ditambah cost lagi. Makanya infra harus benar-benar kita benahi," terang Gobel.

Meski demikian, dirinya berjanji segera berkoordinasi dengan Menteri Pertanian Amran Sulaiman untuk membahas kenaikan harga cabai. "Itu saya harus bicara dengan Menteri Pertanian," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7213 seconds (0.1#10.140)