DEN Dukung Kenaikan Harga BBM

Jum'at, 07 November 2014 - 19:02 WIB
DEN Dukung Kenaikan Harga BBM
DEN Dukung Kenaikan Harga BBM
A A A
JAKARTA - Dewan Energi Nasional (DEN) sepakat harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi dinaikkan untuk mengembangkan infrastruktur pembangunan nasional.

Anggota DEN Tumiran mengatakan, pengurangan subsidi BBM merupakan langkah tepat yang dilakukan oleh pemerintah. Hal itu lantaran, Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tak lagi mampu menggelontorkan subsidi BBM kepada masyarakat.

"Persoalannya bukan lagi terkait subsidi tapi soal keuangan pemerintah yang sudah sangat terbatas memberikan subsidi," kata dia.

Tumiran mengatakan, dengan terbatasnya keuangan negara maka subsidi yang tidak tepat sasaran tersebut dialihkan kepada subsidi yang tepat sasaran sehingga bermanfaat kepada masyarakat.

"Subsidi memang harus ada namun harus tepat guna. Penguranan subsidi bukannya bikin susah tapi harus dikurangi," ungkap Tumiran.

Tidak hanya BBM, tantangan pengelolaan energi Indonesia ke depan kian sulit. Ini terlihat dengan semakin minimnya cadangan minyak yang dihasilkan di dalam negeri.

Tumiran membeberkan, produksi minyak sampa saat ini tak lebih dari 800.000 barel per hari (bph). Sementara itu, kebutuhan minyak mentah untuk memproduksi BBM per harinya bisa mencapai 1,5 juta bph.

"Untuk menutupi ini kita kan mengimpor baik minyak mentah dan produk BBM. Itu kan memerlukan uang, ditambah pula kita memberi subsidi pada BBM," ujar dia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5444 seconds (0.1#10.140)