Hal Penting yang Harus Diperhatikan dalam Bisnis

Senin, 10 November 2014 - 07:11 WIB
Hal Penting yang Harus...
Hal Penting yang Harus Diperhatikan dalam Bisnis
A A A
SAAT ini, banyak orang yang mencoba peruntungan terjun ke dunia bisnis. Namun, tak jarang dari mereka menemui jalan buntu, atau bahkan berujung pada kebangkrutan.

Lantas apa yang harus diperhatikan agar bisnis Anda tidak gagal? Pembina Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Mandiri (Proindonesia) Budi Satria Isman mengemukakan, dalam setiap bisnis, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kompetitor. Baik pesaing langsung ataupun tidak langsung.

"Kalau Anda berbisnis makanan, maka kompetitor Anda itu siapapun yang bisa memasukkan makanan ke perut. Itu kompetitor Anda," ujarnya.

Menurut Budi, untuk terjun ke dunia usaha yang digeluti, wirausahawan harus mengetahui luar dalamnya, baik mengenai kelebihan usaha yang dipilih maupun kelemahannya.

"Saya pernah suatu produk belum launching, saya sudah tahu. Saya blok itu tempat-tempat di pasar swalayan," ungkapnya.

Di sini, menurut Budi, Anda harus belajar ekstrem melihat kompetitor. Jika Anda tidak tahu kompetitor, maka Anda belum berbisnis. Anda melenggang, Anda yang disikat.

"Melihat marketshare berarti Anda harus melihat kompetitor Anda. ‎Walaupun bisnis kita kecil, kita harus tahu kompetitor kita. Bisnis itu kejam," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0569 seconds (0.1#10.140)