ESDM Belum Tahu Rusia Ingin Bangun PLTN di Indonesia

Jum'at, 14 November 2014 - 14:57 WIB
ESDM Belum Tahu Rusia Ingin Bangun PLTN di Indonesia
ESDM Belum Tahu Rusia Ingin Bangun PLTN di Indonesia
A A A
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengaku belum mengetahui rencana Rusia yang ingin membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Indonesia.

"Saya belum tahu (Rusia ingin bangun PLTN di Indonesia," kata dia di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (14/11/2014).

Hal senada juga dikatakan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM Jarman. Menurut Jarman investasi nuklir oleh Rusia masih harus diklarifikasi.

Namun pihaknya mengaku akan mendukung proyek infrastruktur dasar yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. "Kami harus klarifikasi dulu, berapa kapasitasnya (PLTN) karena suatu saat
kita perlu PLTN," ujarnya.

Menurut Jarman, pembangunan PLTN harus memperhatikan beberapa faktor, terutama terkait keamanan. Selain itu, juga perlu rekayasa teknologi yang cukup baik dalam merealisasikan proyek pembangkit tersebut.

"Salah satu keamanannya kita cari daerah yang aman dari gempa. Salah satunya Batam. Investasinya tergantung kapasitasnya, makin besar makin murah," ujarnya.

Seperti diketahui, Wakil Presiden Jusuf Kalla beberapa hari lalu menerima delegasi dari Rusia terkait rencana pembangunan PLTN. Ada kemungkinan pembangunan tersebut akan dilakukan melalui kerja sama.
(rna)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.0982 seconds (10.55#12.26)