Era Kondominium Ramah Lingkungan

Rabu, 26 November 2014 - 11:24 WIB
Era Kondominium Ramah Lingkungan
Era Kondominium Ramah Lingkungan
A A A
HUNIAN dengan konsep alam dan ramah lingkungan masih mendapat tempat di hati masyarakat di Tanah Air. Hal ini disebut menjadi solusi kondisi lingkungan yang mulai terasa tak nyaman akibat dampak dari global warming, efek rumah kaca hingga polusi yang tak terbendung.

Tidak hanya rumah tapak, konsep hijau juga disematkan pada pembangunan hunian vertikal seperti apartemen dan kondominium. Hal ini tak terlepas dari kebutuhan ruang terbuka hijau yang merupakan hal yang dicari masyarakat untuk menyeimbangkan gaya hidup di perkotaan nan padat.

Kini bukan sekadar rumah sebagai kebutuhan primer masyarakat, melainkan juga rumah yang memiliki ruang terbuka hijau dan bersahabat dengan alam atau saat ini lebih dikenal konsep green property. Tentu sangat beralasan, karena ruang terbuka hijau di Jakarta belum mencapai 30% sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang penataan ruang. Di mana 30% area terdiri atas ruang terbuka hijau publik sebesar 20% dan sisanya 10% ruang terbuka hijau untuk privat.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Ciputra Residence bekerja sama dengan Mitsui Fudosan Residential mengembangkan Citra- Lake Suites, Island Condominium di tengah danau seluas kurang lebih 5,7 hektare, yang merupakan hunian vertikal prestigious di kawasan Citra 6. CitraLake Suites akan menjadi sebuah hunian dengan gaya hidup baru di kawasan CitraGarden City. Dengan total area 450 hektare, proyek Citra- Lake Suites akan memberikan sebuah experience baru bagi penghuninya. Condominium CitraLake Suites memiliki Sky Garden, yaitu taman bersama yang dapat digunakan oleh penghuninya tanpa perlu turun ke lantai dasar, karena Sky Garden tersebut berada di lantai-lantai atas.

Mengedepankan sustainability concept, Citra- Lake Suites menerapkan program EcoCulture, program yang dimiliki Ciputra Residence dalam pengembangannya, yaitu suatu konsep pelestarian lingkungan melalui pembudayaan gaya hidup masyarakat. Ciputra Residence juga mendukung pola hidup hijau yang digalakan oleh dunia saat ini dengan bekerja sama dengan IFC (International Finance Corporation) subsidiary dari World Bank yang juga memiliki visi pola hidup hijau.

Salah satu yang dilakukan adalah dengan pemilihan material yang dapat mereduksi panas maupun hal-hal lain menyangkut gaya hidup hijau. Konsep hijau serta lanskap yang diaplikasikan ini bertema Tropical Forest. Lanskap CitraLake Suites memiliki tiga konsep taman yang berbeda, di mana yang pertama adalah konsep taman aktif yang dinamakan Groovy Woodland. Taman ini memiliki instrumen alat olahraga outdoor serta permainan outdoor untuk anak maupun orang tua sehingga kondisi yang diciptakan di taman ini lebih aktif.

Taman yang kedua adalah konsep taman pasif yang dinamakan Green Wood Terrace, di mana taman ini dilengkapi dengan hardscape taman dan juga gazebo. Sehingga kondisi di taman ini akan lebih relaks, nyaman dan sunyi. Agussurja Widjaja, Senior Director Ciputra Group menambahkan, lokasi CitraLake Suites tepat berada di kawasan Citra 6 - CitraGarden City. Citra 6 adalah perumahan segmen kelas atas dan menjadi kawasan paling mewah dan nyaman di area Jakarta Barat.

Sehingga CitraLake Suites dibangun di kawasan kelas atas untuk memberikan pola hidup baru bagi penghuni yang sejak dahulu memiliki ketertarikan tinggal di Citra 6 namun unitnya terbatas. “Apalagi saat ini Citra 6 telah terhubung dengan kawasan Aeroworld 8 - CitraGarden City yaitu kawasan commercial dekat bandara, sehingga akan memberikan nilai tambah yang signifikan bagi CitraLake Suites,” tuturnya.

Untuk melengkapi kehidupan penghuninya, CitraLake Suites memiliki ragam fasilitas yang sangat atraktif. Di antaranya adalah Jogging Track sepanjang kurang lebih 1,5 kilometer, kolam renang berukuran semi-olympic, BBQ pit di beberapa titik lokasi, child playground, tree nursery, picnic lawn , danau, dan juga Executive Lounge di dekat gerbang utama CitraLake Suites. Sementara itu, PT Gading Development Tbk juga tengah mengembangkan konsep hunian vertikal hijau demi keselarasan lingkungan bernama The Spring Residence. Pembangunan gedung apartemen ini akan dilakukan di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan bernama The Spring Residences.

Sementara PT Gading Development telah menyiapkan investasi sebesar Rp900 miliar. Investasi ini termasuk dalam pembebasan lahan, pembangunan empat tower apartemen dan pembangunan gedung parkir dan 2.500 unit apartemen dengan berbagai tipe. Direktur Utama PT Gading Development Tbk Cahyo Satrio mengatakan, daerah lain beberapa sudah mencapai titik jenuh. Namun, Ciputat prospeknya masih tinggi.

“Buktinya adalah harga lahan langsung ditawar 50% lebih tinggi dari harga pembebasannya,” imbuhnya. Dia memaparkan bahwa tahap pertama pemasarannya adalah tipe studio 22 meter persegi dengan harga mulai Rp8 juta per meter persegi.

Rendra hanggara
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7410 seconds (0.1#10.140)