BI Resmikan Kantor Perwakilan di Pangkal Pinang

Jum'at, 28 November 2014 - 14:37 WIB
BI Resmikan Kantor Perwakilan di Pangkal Pinang
BI Resmikan Kantor Perwakilan di Pangkal Pinang
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus D.W. Martowardojo didampingi Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Rustam Effendi beserta Walikota dan Bupati di wilayah Provinsi Kepulauan Babel meresmikan pembukaan Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Pangkal Pinang.

Sebelumnya, pada 14 November 2014 telah dilakukan penandatanganan berita acara serah terima antara Kepala Perwakilan BI Wilayah VII (wilayah koordinasi, meliputi Sumatera Selatan, Kepulauan Babel, Bengkulu, dan Lampung) dengan Kepala KPwBI Provinsi Kepulauan Babel, yang menandai dimulainya kegiatan operasional KPw BI Provinsi Kepulauan Babel.

Dalam hal pengelolaan kas yang semula dengan Kas Titipan di Bank Mandiri, sejak beroperasinya KPw Kepulauan Babel ini, BI dapat langsung melayani masyarakat untuk penukaran uang, setoran dan penarikan uang oleh perbankan.

Selain itu, pelaksanaan layanan transfer dana antar bank, baik melalui kliring ataupun melalui Real-Time Gross Settlement (RTGS) yang semula diselenggarakan oleh Bank BNI sebagai penyelenggara kliring lokal non-BI.

“Kami ingin menjadikan kantor perwakilan Bank Indonesia di daerah sebagai mitra strategis bagi pemda,” kata Agus dalam rilisnya, Jumat (28/11/2014).

Sementara Rustam mendukung penuh berdirinya Kantor Perwakilan BI di Provinsi Babel dan berharap dapat meningkatkan sinergi dengan pemda, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara luas.

Sementara BI juga akan memperluas jaringan kantor Bank Indonesia di daerah, dari sebelumnya 30 provinsi menjadi 34 provinsi. Selain di Kepulauan Bangka Belitung akan dibuka Kantor perwakilan baru di tiga provinsi lainnya, yakni Papua Barat, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Utara.

Dengan dibukanya KPw Babel, Bank Indonesia memiliki 42 kantor perwakilan dalam negeri dan empat kantor perwakilan luar negeri, yaitu di Singapura, Tokyo, London, dan New York.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5758 seconds (0.1#10.140)