Direksi BUMN Asing Bahayakan Rahasia Negara

Selasa, 23 Desember 2014 - 18:11 WIB
Direksi BUMN Asing Bahayakan Rahasia Negara
Direksi BUMN Asing Bahayakan Rahasia Negara
A A A
JAKARTA - Rencana Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno yang akan memasukkan jajaran direksi perusahaan negara dari warga asing dinilai dapat membahayakan rahasia negara.

"Kalau mengancam kedaulatan saya kira tidak sampai demikian. Tapi, kalau rahasia negara bisa jadi. Karena BUMN ini kan milik negara," ujar Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin kepada wartawan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (23/12/2014).

Dia dengan tegas tidak setuju dengan rencana Rini. Hal ini dipandang sebagai pelecehan terhadap kualitas anak-anak bangsa. Padahal, banyak sekali sumber daya manusia Indonesia yang profesional dan tidak kalah kualitasnya dengan orang asing.

"Sekolahnya pun di luar negeri, insya Allah sumber daya manusia Indonesia tidak kalah," kata Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu.

Menurut Din, fenomena seperti ini yang disebut brain drain. Di mana otak-otak cemerlang putra-putri Indonesia lari dari negerinya sendiri.

Bahkan, banyak yang memilih bekerja di luar negeri, seperti Malaysia, Singapura, dan negara-negara lain. "Ini karena kita tidak menghargai bangsa sendiri," ucapnya.

Sebab itu, lanjut Din, walaupun pernyataan Rini terkesan profesional, sebaiknya hal itu tidak dipraktikan. Karena sekali saja peluang posisi direksi dibuka kepada asing, maka posisi pekerjaan pada tingkat manajer tidak dapat diraih anak-anak bangsa.

"Pilihlah yang terbaik dari anak-anak bangsa ini, yang saya kira masih banyak (yang berkualitas)," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4786 seconds (0.1#10.140)