Kemendag Siapkan Dana Renovasi Pasar Klewer dan Wonosobo

Sabtu, 03 Januari 2015 - 11:05 WIB
Kemendag Siapkan Dana Renovasi Pasar Klewer dan Wonosobo
Kemendag Siapkan Dana Renovasi Pasar Klewer dan Wonosobo
A A A
JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) siap menyokong dana untuk merenovasi Pasar Klewer, Surakarta dan Pasar Induk Wonosobo yang mengalami kebakaran Desember lalu.

Hal ini menindaklanjuti janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membangun kembali Pasar Klewer dan Pasar Induk Wonosobo.

"Kemendag menyiapkan dana untuk membangun kembali Pasar Klewer di Surakarta dan Pasar Induk Wonosobo," ujar Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel dalam rilisnya, Sabtu (3/1/2015).

Dia menuturkan, dana yang dialokasikan tersebut akan disinergikan dengan anggaran Kabupaten Wonosobo, Surakarta, serta Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Mendag berjanji akan mempercepat pembangunan kedua pasar tersebut, agar aktivitas ekonomi masyarakat setempat segera pulih kembali.

"Aktivitas perdagangan di Pasar Induk Wonosobo dan Pasar Klewer lumpuh, akibat kebakaran. Pemerintah akan berupaya membantu perbaikan kedua pasar ini, hingga dapat beroperasi kembali sepenuhnya," imbuhnya.

Menurutnya, percepatan aktivitas ekonomi dan perdagangan di kedua pasar ini juga akan dilakukan dengan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah.

"Kami sudah koordinasikan untuk merelokasi pedagang atau pembuatan pasar darurat, yang diperuntukkan bagi para pedagang di Pasar Induk Wonosobo dan Pasar Klewer Surakarta. Intinya, kegiatan perdagangan harus kembali bergerak," tutur Rachmat.

Seperti diketahui, Pasar Induk Wonosobo mengalami kelumpuhan karena ribuan kios dan los habis dilalap api pada 22 Desember 2014. Sementara Pasar Klewer Surakarta, juga terbakar habis pada 28 Desember 2014.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8577 seconds (0.1#10.140)